Rambu Tikungan Pangulah Baru akan Diusulkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rambu Tikungan Pangulah Baru akan Diusulkan

Rambu Tikungan Pangulah Baru akan Diusulkan

Written By Mang Raka on Selasa, 20 September 2016 | 13.30.00


CIKAMPEK, RAKA - Kecelakaan lalulintas yang kerap menimpa pengendara motor di Jalan Raya Pantura-Pangulah, sering berujung maut. Salah satu pemicunya adalah minimnya rambu.
Setelah berkali-kali dikeluhkan masyarakat, akhirnya Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karawang, akan segera mengajukan pengadaan rambu lalulintas kepada pemerintah pusat. "Itu kewenangan pusat, tapi kami akan ajukan. Memang disitu harus ada rambu-rambu," ujar Kabid Lalin Dishubkominfo Karawang H Adang Sumaryana kepada Radar Karawang, usai upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional, Senin (19/9).
Menurutnya, apapun yang menjadi kewenangan pusat, tidak bisa dikerjakan oleh pemerintah daerah. Tetapi pemerintah daerah bisa mengusulkan atau mengajukan, agar pemerintah pusat bisa merealisasikan permintaan masyarakat. "Teknisnya ada yang mengajukan. Kemudian kami yang membawa usulan tersebut ke pemerintah pusat," ujarnya.
Usulan tersebut bisa saja dari dinas instansi setempat, seperti kepala desa, camat, kepala UPTD Pendidikan ataupun PGRI. Karena kondisi tersebut dikeluhkan juga oleh civitas pendidikan Kotabaru, terutama warga yang anaknya sekolah di SDN Pangulah Selatan 1.
"Kayak lampu merah Kosambi. Itu atas usulan dari Kapolres Karawang. Sebenarnya agar kami memiliki dasar," ujarnya.
Tokoh masyarakat Kotabaru, Denis FW menyampaikan, meski menjadi kewenangan pusat, tetapi tidak bisa menjadi alasan bagi Dinas Perhubungan untuk mengabaikan tersebut. Terlebih itu merupakan keinginan masyarakat dan berkaitan dengan fasilitas umum. "Kalau sudah pakai Dishub. Tentunya harus merasa memiliki. Meski itu kewenangan pusat," ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, Dinas Perhubungan Karawang sangat sering mengeluarkan dalih, bahwa hal tersebut bukan kewenangan Dishub Karawang, melainkan kewenangan pusat. Sehingga keluhan yang disampaikan oleh masyarakat sering tidak ditindak lanjuti.
"Jadi ngomongnya cuma iya, akan kami usulkan. Karena itu kewenangan pusat. Padahal tidak dikerjakan. Jadi memang kinerja Dishub harus terus dikawal," ujarnya.(zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template