Program Penguatan Ekonomi Petani Digelindingkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Program Penguatan Ekonomi Petani Digelindingkan

Program Penguatan Ekonomi Petani Digelindingkan

Written By Mang Raka on Jumat, 23 September 2016 | 16.00.00

TEGALWARU, RAKA - Penguatan perekonomian masyarakat di bidang pertanian di wilayah Karawang Selatan mulai menggeliat. Melalui program ini diharapkan, petani yang selama ini nasibnya terpuruk dapat terangkat kesejahteraannya.

Program hulu ke hilir yang digelindingkan pemerintah, memang belum sepenuhnya berjalan. Tapi kini pola pikir petani sudah berkembang dan mulai mensiasati pola penghasilan pertanian yang bisa mensejahterakan mereka. Petani sekarang menggandeng swastanisasi dalam mengembangkan hasil pertaniannya. "Sekarang petani lebih konsentrasi dengan tawaran pihak swasta yang berbasis agri bisnis dengan konteks untuk kemajuan petani. Maka beberapa petani mulai sigap menyikapi swasta sebagai pangsa pasar yang lebih menjanjikan," katanya, Kamis (21/9).
Ali Munandar (59) petani Kertasari mengatakan dirinya terbuka dengan apa yang dipaparkan pihak swasta dalam meningkatkan hasil mutu kualitas pertanian di wilayahnya. Apalagi adanya pendampingan dari pemerintah juga maka petani cukup nyaman dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Kendala petani pun banyak terbantu, bahkan tidak tanggung-tanggung mereka juga membantu dalam permodalannya juga.
"Petani disini cukup terbuka dengan pihak manapun yang satu visi dan misi. Jika memang untuk kemajuan kami sangat apresiasi, bahkan kami pun dibantu dalam permodalan produksinya juga. Kini kami sadar untuk bisa bekerja sama bukan saja pemerintah tapi dengan swasta pun tidak menjadi masalah ketika mereka justru berikan solusi bagi kami," tegasnya.
Demikian pun Rudi (33), Warga Kertasari, pihak diluar pemerintah yaitu mengajak peran bagian produksinya dengan implementasi ke objek pertanian. Beberapa uji kelayakan dan hasil pun diaktualisasikan. Bahkan petani merasa puas dengan apa yang sudah diperoleh. "Apalagi mereka pun dibantu pasarnya juga maka petani semakin percaya diri dalam melaksanan pekerjaannya. Kadang proses produksinya pun didampingi oleh mereka sampai implementasi produknya," ujarnya.
Kepala Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Distanhutbunnak Kecamatan Tegalwaru, Lulu Jamaludin.SP menuturkan, petani aktif adalah petani yang mau merubah konsepnya ke arah lebih maju. Kerja sama dengan siapapun jika menguntungkan maka pihaknya pasti akan membantu. Konsep proses memang berbagai sudut pandang tapi dengan satu tujuan agar petani lebih maju. "Saya sangat setuju dengan apa yang kini dilakukan petani. Untuk menjadi petani yang lebih maju dibutuhkan pemikiran yang maju pula selain aktif dan revolusioner hingga petani dianggap ada dan pemerintah pun menjadi terbantu," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template