Program Jumat Baca Terhambat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Program Jumat Baca Terhambat

Program Jumat Baca Terhambat

Written By Mang Raka on Kamis, 29 September 2016 | 12.00.00

MAJALAYA, RAKA – Terbatasnya buku bacaan yang berada di SMPN 2 Majalaya, menjadikan program Jumat baca  mengalami kendala dalam memfasilitasi siswa untuk membaca. Padahal, saat ini kebiasaan membaca di lingkungan sekolah tersebut kian tinggi, akan tetapi minimnya buku di perpustakaan sekolah, membuat seluruh siswa mengeluhkannya.

Sementara itu, Muhamad Irfan siswa kelas IX (Sembilan), rabu (28/9), mengatakan, giat membaca yang dilakukan seluruh siswa saat ini sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Sebelumnya, siswa yang berada diwilayah tersebut kebiasaan dalam membaca masih terbilang rendah, bagi siswa untuk membaca buku. “Kami sekarang senang, dengan program sekolah Jumat Baca, sekarang sudah terbiasa untuk membaca,” terang dia, saat ditemui Radar Karawang, dilingkungan sekolahnya.
Namun, dia melanjutkan, dalam menyiadakan buku bacaan yang berada di perpustakaan sekolah, diakui minim. Hal ini menjadikan, ketidak seimbangan dalam fasilitas sekolah yang diberikan kepada siswanya, untuk memfasilitasi buku yang nantinya dapat menjadi penunjang siswa dalam melakukan aktifitas membaca. “Tapi, pas kita sudah terbiasa senang dalam membaca, fasilitas buku masih kurang, karena setiap kali mampir ke perpustakaan ketemunya buku itu terus,” cetusnya.
Maka dari itu, dia berharap, agar nantinya pihak sekolah dapat dengan segera mengadakan buku buku yang disediakannya diperpustakaan sekolah. Hal ini diperuntukan dalam menunjang minat baca siswa yang ada disekolah tersebut. “Kami sih berharap, ada tambahan buku buku nanti di perpustakaannya, biar nanti bisa baca bukunya lain lain,” tuturnya.
Adapun itu, di lingkungan yang sama, Ida Maryani Siagian, salah seorang pengelola perpustakaan sekolah, membenarkan, bawasanya, persediaan buku yang berada di pepustakaan sekolah SMPN 2 Majalaya masih terbatas. Padahal, saat ini minat membaca siswa sudah kian melejit tajam. “Memang kita akui kalau saat ini buku buku yang ada di perpustakaan masih minim, walau siswa yang ada disekolah ini sudah terbiasa membaca, setiap hari selalu banyak siswa yang mengunjungi perpustakan, “ paparnya.
Akan tetapi, Ida menegaskan, adanya upaya dari pihak pengelola perpustakaan dalam pengajuan penambahan buku yang dilakukan ke pihak sekolah. Hal ini dengan data minat baca yang diberikan agar dapat menjadi dasar kuat, dalam penambahan buku yang dilakukan pihak sekolah nantinya. “Saya, sudah mengajukan ke pihak sekolah, sudah di ACC dan di tanda tangani pengajuan pengadaan buku nantinya,” katanya.
Kendati demikian, dia menambahkan, program Jumat Baca rupanya, menjadi magnet kuat dalam memunculkan kebiasaan membaca di lingkungan sekolahnya. Program efektif ini pun, menjadikan masyarakat sekolah, yakni para guru hingga seluruh siswa, berangsur tinggi minat dalam membacanya. “Cukup berhasil, mesti baru satu bulan, tapi grafik minat membaca yang saya buat cukup memuaskan, tidak hanya siswa saja yang membaca, namun guru guru pun melakukannya,” bebernya.
Disamping itu, di ruangan yang berbeda, Obar Subarja Kepala Sekolah SMPN 2 Majalaya, menegaskan, untuk pengadaan buku yang nantinya diperuntukan sebagai sarana penunjang para siswa dalam giat membaca setiap harinya dilingkungan sekolah, sudah menjadi program pihak sekolah, dalam pengadaan buku tersebut. Hal ini pun dilakukan dengan anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah untuk penambahan buku buku di perpustakaan sekolah. “Kalau pengadaan sih, memang sudah di rapatkan, ini pun nanti untuk membeli buku buku nantinya, akan menggunakan dana Bos, karena dalam dana BOS tersebut sudah wajib digunakan untuk fasilitas buku dalam menunjang belajar para siswa nantinya,” ucapnya.
Oleh karena itu, dia menambahkan, untuk pengadaan buku yang dilakukan di sekolah smpn 2 Majalaya, pihak sekolah nantinya tinggal hanya menunggu kucuran dana bos yang akan didapatkan ditahun ini. Hal tersebut nantinya dalam pencairan dana BOS akan dilakukan pemotongan untuk penambahan buku di perpustakaan sekolah. “Iya sekarang siswa sudah pada rajin baca bukunya, kita tinggal nunggu cair dana, nanti kan memang ada lima persen, nah langsung dibelanjakan buku untuk penambahan nanti,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template