Polisi Ingatkan Pelajar Taat Hukum - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Polisi Ingatkan Pelajar Taat Hukum

Polisi Ingatkan Pelajar Taat Hukum

Written By Mang Raka on Senin, 19 September 2016 | 12.30.00

TEGALWARU, RAKA - Tingginya aksi kenakalan pelajar di wilayah Selatan Karawang memaksa pihak kepolisian turun tangan. Kemarin (18/9) institusi hukum itu melakukan sosialisasi terhadap puluhan pelajar agar pelajar taat hukum. Kegiatan yang dilaksanakan di Wanawisata Puncak Sempur tersebut sekaligus pelantikan pengurus dan pelaksanaan program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang digelar SMA IT Harapan Ummat, Telukjambe Barat

Pertemuan itu membahas peranan siswa dalam kemajuan bangsa serta bisa mengantisipasi kenakalan remaja yang saat ini tengah marak. Rencana kegiatan yang dilakukan oleh Kepolisian Sektor Pangkalan dikemas dalam bentuk dialogis. Sosialisasi secara langsung dianggap efektif dan tepat kepada para pelajar semua tingkat baik SLTP maupun SLTA.
Kapolsek Pangkalan yang juga membawahi Kecamatan Tegalwaru, AKP Agus Wahyudin. SE.ME, mengatakan pelajar harus taat hukum dan bisa memberikan bimbingan bagi temannya yang belum mengetahui dengan jelas mengenai hukum. Saat ini kenakalan pelajar cukup memperihatinkan hingga perlu adanya pengawasan langsung, bukan saja bagi sekolah akan tetapi semua stagholder. "Forum yang dilakukan dalam rencana kegiatan kami cukup efektif dan tepat sasaran. Saat ini mayoritas pelaku pelanggaran hukum rata-rata usia produktif yaitu usia sekolah. Maka saya saran kan agar semua bisa ikut mengambil bagian dalam pengawasan tindakan pelajar, karena dengan begitu bisa akan lebih universal pengawasannya," akunya.
Begitupun Anwar (40) instruktur kegiatan wanawisata, menerangkan pelajar harus bisa diajak peduli dalam berbagai hal. Berbagai aktifitas pun perlu diciptakan agar mereka konsentrasi dengan dunia serta tugas serta fungsinya. Peran serta masyarakat juga besar untuk menumbuhkan kesadaran hukum di kalangan pelajar. "Jika warga pun peduli maka intensitas warga ketika berbuat hal anarkis bisa dipantau. Upaya sekolah saat ini cukup maksimal seperti kegiatan ekstrakulikuler baik Pramuka, PMR, dan OSIS merupakan perhatian lebih agar siswa tidak menghabiskan waktu percuma. Hingga bisa mendapatkan pengetahuan lebih tentang peranannya dalam kemajuan psikologisnya," imbuh nya.
Widya (15), siswi kelas XI mengatakan pengetahuan yang didapatkannya cukup memberi arti tersendiri. Dirinya cukup interaktif dengan apa yang didapatkan. Kini diri beserta temannya coba menularkan informasi tersebut kepada teman-teman sekolahnya. "Perlu saya sampaikan pengetahuan tersebut agar pelajar yang belum mengetahui secara jelas maka bisa diketahui secara jelas. Kini memang kegiatan yang utama sekolah, dan pengetahuan pendidikan yang sekarang banyak di ketahui oleh siswa antara lain, PMI dan Pramuka. Hal itu justru membuat saya dan teman-teman semakin nyata dalam menghormati adanya hukum di lingkungan sekolah juga," tutupnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template