Persiapan Sambut HUT Karawang Serempak di Seluruh Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Persiapan Sambut HUT Karawang Serempak di Seluruh Desa

Persiapan Sambut HUT Karawang Serempak di Seluruh Desa

Written By Mang Raka on Senin, 05 September 2016 | 15.30.00

KLARI,RAKA - Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Karawang ke 383 pada 14 September mendatang, mulai tingkat Kecamatan hingga desa di wilayah Kabupaten Karawang, mempersiapkan beragam perlombaan penyambutan hari jadi itu.


Seperti Desa Duren misalnya, dalam persiapan menyambut HUT Karawang ditahun 2016 ini, sudah menyiapkan beragam perlombaan di wilayahnya. Beragam perlombaan tersebut bertujuan dalam menanamkan  militansi warga terhadap daerah. Uniknya, seluruh warga  yang ada diwilayah Desa Duren, nantinya diperlombakan dalam menciptakan lingkungan bersih, sebagai bentuk mewujudkan program interasih diwilayahnya.
Sementara itu, Kepala Desa Duren, H. abdul Halim, mengatakan, untuk persiapan Hut Karawang,  untuk Desa Duren nantinya akan mengadakan beragam perlombaan.  Hal ini memang tidak akan jauh berbeda dengan perlombaan HUT RI yang setiap tahunnya dilakukan. Akan tetapi, dalam kegiatan kali ini, yang terpusat dikediaman kepala desa tersebut, akan ada pemanfaatan saluran irigasi yang sebelumnya sudah dibersihkan warga dengan tidak hanya mengadakan lomba mancing mania, namun akan ada perlombaan bersih lingkungan nantinya. “Kalau persiapan menjelang Hut Karawang, untuk Desa Duren, sudah menyiapkan beragam perlombaan, itu nanti akan dilakukan di kediaman saya, ya hampir sama kegiatannya seperti Perlombaan di HUT RI nantinya, selain adanya panjat pinang, dan lain-lain, aka nada kegiatan bersih lingkungan, untuk HUT Karawang kali ini,” katanya.
Selain itu, dia menuturkan, dikarenakan tema HUT Karawang kali ini identik dengan pembangunan di Karawang. Maka dalam persiapan perayaannya akan lebih ditonjolkan, terhadap pembangunan diwilayahnya, seperti mengadakannya bersihkan kampung, dan perawatan saluran agar tidak tercemar kembali nantinya. “Karena tema karawang itu lebih ke pembangunannya, maka melakukan interasih cukup efektif nantinya, selain itu juga, bertepatan dengan kelahiran cucu saya, makanya agenda perayaannya terpusat dirumahnya, dengan akan semakin besar kemeriahannya nanti,” ucapnya.
Tidak hanya itu, lanjut dia, saat ini, sudah dalam masa teknis, dalam persiapan Hut Karawang ke 383 ditahun ini. Diharapkan kegiatan tersebut , dapat menjadikan masayrakat yang berada diwilayahnya, bisa lebih terjalin kedekatan emosionalnya, selain nantinya, juga dapat selalu menjaga kebersihan lingkungannya. “Saya berharap seluruh masyrakat diwilayah desa ini, bisa merasakan kebahagiaan di ulang tahun karawang, maka diharapkan juga bisa menjadi upaya untuk terus menelurkan ke masyarakat agar selalu menjaga kebersihan diwilayahnya nanti,” ujarnya.
Sementara itu, salah seorang tokoh pemuda Andri, yang memang sudah hampir dua tahun berada diwilayah kosambi, Perumahan Kanbiwa II, menambahkan, bawasanya, sudah hampir dua tahun tinggal diwilayah Desa Duren, tepatnya diwilayah perumahan Kanbiwa II kosambi, memang selalu adanya kegiatan setiap hari besar, selain HUT RI, ternyata selalu ada perlombaan di Hut Karawang. Ini pun dirasakannya saat tahun lalu, awal kedatangan di wilayah pangkal perjuangan ini. “Tahun kemarin, saya pertama kali kesini, saya kira lagi merayakan Hut RI, ternyata seluruh warga di perumahan ini, sedang merayakan Hut Karawang, “ paparnya.
Berdasarkan pengamatannya, kegiatan yang diadakan pihak desa cukup efektif dalam mengingatkan seluruh warganya, terhadap Hut Karawang. Karena selain nantinya masyrakat bisa terus mengingat karawang berdiri, ini pun akan menjadi momentum untuk selalu terjaga kerukunan masyrakat yang ada diwilayah desa tersebut. “Cukup bagus dalam meningkatkan jalinan silaturahmi antara warga di setiap wilayah yang ada di desa duren, selain itu, ini juga akan menjadi salah satu cara agar masyarakat selalu mengingat sejarah karawang berdirinya,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template