Persaingan Pencaker Bakal Makin Sengit - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Persaingan Pencaker Bakal Makin Sengit

Persaingan Pencaker Bakal Makin Sengit

Written By Mang Raka on Jumat, 02 September 2016 | 18.11.00

- Wirausaha Jadi Solusi Alternatif

RENGASDENGKLOK, RAKA - Tingginya minat pencari kerja di Karawang ternyata membawa dampak menjamurnya praktek percaloan. Parahnya, praktek tersebut justru kental dengan nuansa penipuan. Banyak korban yang dipaksa mengeluarkan uang 5-6 juta dengan iming-iming masuk kerja di perusahaan tertentu. Melihat fenomena ini, pemerintah berharap agar pola pikir pemuda produktif dirubah, dari yang awalnya fokus mencari kerja menjadi membuka peluang usaha.
Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana ketika menyampaikan sambutannya dalam acara penandatangan MoU "Link and Match" antara perusahaan otomotif dengan SMK Lentera Bangsa salah satu upaya membangun bangsa ialah dengan melahirkan pemuda-pemuda handal yang memiliki skill yang dibutuhkan. "Kita bisa melihat niat dan tekad untuk membangun bangsa. Masyarakat Karawang sekarang bukan lagi bersaing dengan sesama masyarakat Karawang ataupun dengan masyarakat seluruh Indonesia, tapi masyarakat Karawang harus siap berkompetisi dengan masyarakat se-Asia Tenggara," kata bupati menuturkan.
Sebagai bentuk mengasah kemampuan dan kepiawaian agar kelak bisa bersaing, pemerintah sudah menyiapkan sejumlah program. Diantara mencocokan kebutuhan industri dan tenaga kerja yang profesional. "Sudah ada 11 SMK di Kabupaten Karwang yang melakukan MOU. Dengan ini, kita bisa melihat niat dan tekad untuk membangun bangsa. Kita harus mempersiapkan dan meningkatkan kompetensi diri," ujar dia lagi.
Selain itu, menurut Cellica semakin banyaknya masyarakat ASEAN yang masuk ke Karawang harus disikapi bersama oleh penduduk karawang. Salah satunya selain mengasah kemampuan diri, juga menanamkan modal jiwa kewirausahaan kepada generasi bangsa sejak dini. "Aspek ini harus kita sikapi dengan seksama, harus ada sinegritas pada penduduk Kabupaten Karawang. Kita bisa membekali generasi bangsa kita dengan menanamkan jiwa kewirausahaan pada mereka sejak dini. Supaya ketika mereka sudah lulus sekolah tingkat SMA maupun SMK, mereka tidak lagi bersaing untuk masuk ke pabrik, tapi bersaing mendirikan usaha sendiri," pungkas Cellica.(mg)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template