Pengawasan Dana Desa di Banyusari Lemah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengawasan Dana Desa di Banyusari Lemah

Pengawasan Dana Desa di Banyusari Lemah

Written By Mang Raka on Kamis, 01 September 2016 | 13.30.00

-Rawan Bocor

BANYUSARI, RAKA - Masyarakat Kecamatan Banyusari diminta terlibat mengawasi jalannya realisasi pembangunan infrastruktur yang anggarannya masuk rekening desa. Pasalnya dia menilai pembangunan di 12 desa yang ada di Kecamatan Banyusari dinilai minim pengawasan dari masyarakat. "Padahal anggaran milayaran rupiah tiap tahunnya digelontorkan pemerintahan pusat dan daerah untuk percepatan pembangunan pedesaan," ujar Aang Hasanudin tokoh masyarakat Kecamatan Banyusari kepada RAKA, Rabu (31/8).
Dia menyampaikan, masyarakat harus terlibat langsung dalam pengawasan realisasi bantuan keuangan dari sumber pajak. Karena percepatan pembangunan pedesaan itu untuk kemudahan akses dan fasilitas umum masyarakat. Penggunaannya perlu secara transparan sehingga warga mengetahui terkait realisasi pembangunan. "Sangat wajar jika warga memantau pelaksanaan realisasi pembangunan dari bantuan keuangan dana desa. Jika rata-rata perdesanya mendapatkan sekitar Rp 300 jutaan tinggal dikalikan saja berapa miliar yang terserap dana pembangunan dari pemerintahan pusat untuk Kecamatan Banyusari Karawang. Belum lagi dana dari pemerintah daerah," ujar tokoh masyarakat yang juka Sekretaris FKPPI Kabupaten Karawang itu.
Dia juga menjelaskan, berapa banyak anggaran yang terserap oleh pemerintahan desa di kecamatan Banyusari. Karena tidak sedikit anggaran yang terserap. Untuk itu semua warga agar terlibat dalam pengawasan realisasi pembangunan infrastruktur. "Cukup besar anggaran untuk percepatan pembangunan dari mulai Dana Desa dari pemerintahan pusat dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari pemerintahan Kabupaten Karawang," jelasnya
Senada dengan tokoh masyarakat lainnya, Muhyi Hambali, pemerataan pembangunan infrastruktur jalan poros desa dan jalan lingkungan di Kecamatan Banyusari harus diperhatikan pemerintah Kabupaten Karawang. Pasalnya, Kecamatan Banyusari ini masuk katagori pedesaan tertinggal. "Segera dilakukan pemerataan pembangunan agar semua masyarakat di Kecamatan Banyusari dapat merasakan arti pembangunan. Yang dapat dirasakan manfaatnya untuk seluruh lapisan masyarakat. Terutama infrastruktur jalan ke areal pertanian di 12 desa Kecamatan Banyusari," paparnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template