Pengangguran di Karawang Selatan Membengkak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengangguran di Karawang Selatan Membengkak

Pengangguran di Karawang Selatan Membengkak

Written By Mang Raka on Kamis, 22 September 2016 | 15.00.00

PANGKALAN, RAKA – Lulusan SLTA di Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru mendekati 21.34%. Untuk Kecamatan Pangkalan jumlah lulusan SLTA sekitar 341 Orang, sementara Tegalwaru mencapai 452 orang.

Saat ini yang melanjutkan sekolah ke jenjang sekolah yang lebih tinggi di Universitas dan Perguruan tinggi jumlahnya sangat minim sekali, untuk dua kecamatan setelah di akumulasi sekitar 1.87%, atau 182 Orang. Sedangkan sisanya ada yang bekerja di perusahaan yang jumlahnya pun hanya 3,80 % serta yang lainnya sampai saat ini menjadi pengangguran yang belum mendapatkan pekerjaan. Namun ada pula beberapa lulusan di tahun 2014 yang lalu mempunyai usaha mandiri dari milik orang tuanya sekitar 9 orang saja.
Tokoh Pendidikan Kecamatan Tegalwaru, Muhtar (57) ,menyampaikan, seharusnya remaja yang sudah lulus di tingkat SLTA lebih semangat menyongsong masa depan agar lebih baik. Maka jalan yang harus di tempuhnya memang agak melelahkan dan membuat patah arang dalam menjalankannya. Akan tetapi seperti halnya bahwa manusia akan bepergian ke suatu tempat pasti ada satu usaha agar bisa mencapai tujuan,Demikian dengan masa depan kita sendiri.
“Jangan jadi batu sandungan, jika mau berhasil maka kesempatan sekecil apapun harus bisa diambil dengan baik agar mendapatkan tujuan. Apalagi patah semangat dengan hanya membuang-buang waktu dan merasa cukup dengan apa yang telah di dapatkannya. Nah anak-anak sekarang kan hanya bisa selesai sampai SLTA saja sudah banyak yang sudah tidak bersemangat lagi untuk menyongsong masa depan.
Terlebih lulusan SLTA untuk siswi, paling hanya menunggu jodoh saja. Saat ini untuk menjadi kompetitor di suatu ajang merebut masa depan yang lebih baik banyak sekali. Dan sekarang lulusan SLTA bukan hanya ratus akan tetapi jutaan. Saya harap bisa sesegera mungkin mencoba beralih berfikir masa depan yang lebih baik, karena tidak ada uang untuk kuliah bukan berarti masa depannya suram.
Hal berbeda pun diutarakan Beni (21) Salah satu Lulusan SMK Di Kecamatan Pangkalan, yang sudah dua tahun menyelesaikan sekolahnya. Dirinya sekarang sudah tidak merasa tertarik untuk melanjutkan kuliah karena dirinya saat ini membantu orang tua lelakinya bekerja di bengkel yang dimilikinya. “Alhamdulilah, sampai saat ini lumayan. Selain mengasah kemampuan dalam bidang teknik karena saya bersekolah di sekolah kejuruan. Juga saya sudah tidak ingin berkuliah, lumayan juga untuk sehari-hari saya dan saat ini pun saya bisa menabung," ucapnya.
Sementara Farhan (20) Salah satu Lulusan sekolah SLTA di Tegalwaru yang beruntung melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi menanggapinya dengan serius. Bahwa keinginan sekolah ke jenjang tinggi masalah dana bukan menjadi batu sandungan, karena dirinya pun kuliah dengan membagi waktu dengan bekerja di salah satu  perusahaan makanan ringan di Kota Karawang.
“Saya coba niatkan untuk bekerja sambil kuliah dan hasilnya bisa berjalan dengan baik. Walaupun terkadang sangat letih tetapi untuk masa depan yang lebih baik makanya saya harus kuliah,Dan pendapat saya masalah uang untuk kuliah bukan batu sandungan agar yang baru saja lulus SLTA tidak melanjutkan sekolahnya yang ke lebih tinggi,Rezeki mah sudah ada yang mengatur," tuturnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template