Pemkab Harus Pro UMKM - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Harus Pro UMKM

Pemkab Harus Pro UMKM

Written By Mang Raka on Jumat, 09 September 2016 | 14.30.00

Bupati dan Wakil Bupati Karawang yang baru menjabat diminta untuk serius dalam menggarap para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pasalnya UMKM merupakan akar perekonomian masyarakat kecil.
"Pemerintahan baru harus lebih serus garap pelaku UMKM. Jangan sampai dibiarkan karena mereka bisa menunjang perekonomian daerah," kata tokoh masyarakat Kotabaru, Syachrul Robby.
Dia menyampaikan, para pelaku UMKM harus terus didukung Pemda Karawang, mulai dari permodalan sampai pemasaran. Perkembangan Karawang yang cukup pesat harus diambil peluangnya untuk bisa memasarkan produk-produk asli Karawang. Dia mencontohkan, disekitar Cikampek dan Kotabaru, sudah terkenal dengan produk bonekanya, seharusnya pemerintah turut mendukung agar produk tersebut bisa masuk ke pasar-pasar swalayan, di Cikampek sendiri ada Mal Cikampek dan di Karawang ada KCP, Mega M, Ramayana, Carrefour dan lain sebagainya. Kalau saja produk-produk khas Karawang bisa dipasarkan di pasar swalayan, maka bisa mendorong percepatan pemasarannya. Dengan demikian, kesejahteraan para pelaku usaha bisa terus meningkat. "Kalau harga sewa yang kurang masuk bagi para pelaku usaha. Maka pemda harus mendorong untuk bisa kerja sama dengan para pengelola mall. Sehingga produk UMKM bisa membanjiri pasar swalayan," terangnya.
Bukan hanya itu, pemda juga harus sering mempromosikan produk-produk UMKM yang merupakan hasil karya warga Karawang. Seperti dengan adanya kegiatan rutin pameran produk-produk UMKM asli Karawang disetiap wilayah. "Di wilayah timur, pusat kota, selatan, utara atau pesisir. Dilakukan rutin kegiatan pameran. Agar warga karawang mengetahui produk khasnya. Setelah itu kemudian dibantu untuk bisa membanjiri pasar-pasar sekitar Karawangnya bahkan harus sampai keluar kota dan bisa keluar negeri," jelasnya.
Itu semua menurutnya bisa dilakukan, jika pemerintah daerah serius mengembangkan dan pemperhatikan produk-produk unggulan yang ada. Jangan sampai potensi yang dimiliki warga karawang dibiarkan begitu saja sehibgga, mati secara perlahan. "Kalau tidak diperhatikan. Dan pemda tidak fokus. Maka mereka akan hilang secara perlahan. Istilahnya mati sebelum berkembang," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template