Pedes Kekurangan Tenaga Kebersihan Irigasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pedes Kekurangan Tenaga Kebersihan Irigasi

Pedes Kekurangan Tenaga Kebersihan Irigasi

Written By Mang Raka on Senin, 19 September 2016 | 14.00.00

PEDES, RAKA – Musim hujan membuat debit air sepanjang irigasi mengalami  kenaikan cukup tinggi. Banyak  dampak yang dirasakan warga. Kasus paling anyar ialah tewasnya seorang bocah di irigasi Batujaya yang ditengarai tingginya intensitas air. Belum lagi soal banyaknya eceng gondok yang menyumbat dan membahayakan warga yang mayoritas menggunakan irigasi untuk kebutuhan Mandi Cuci Kakus (MCK) mereka.
Warya (70) salah satu kakek renta di Desa Jatimulya mengaku prihatin buruknya kondisi irigasi yang seakan minim penanganan. "Lagi ngangkutin yang nyangkut aja, kalau dibiarkan nanti airnya bisa meluap ke jalan,” katanya saat ditanya RAKA.
Ia memilih membersihkannya sendiri, mengingat tak ada petugas sama sekali yang bekerja menangani kondisi tersebut. Padahal kata dia, jika pengangkutan rutin dilakukan, bencana banjir akibat luapan air bisa dihindari. “Kalau dibiarkan seperti ini, nantinya bisa limpas ke jalan. Makanya harus diangkut satu persatu,” terangnya.
Kesadaran masyarakat yang belum tumbuh dengan baik membuat situasinya kian suli. Di satu sisi, kata kakek ini, irigasi menjadi sangat berguna memenuhi kebutuhan masyarakat. Akan tetapi di sisi yang lain, irigasi ini bisa menjadi lokasi mematikan.
Menanggapi kurangnya kesadaran masyarakat menjaga irigasi, Camat Pedes AJ.Koswara mengaku harus bekerja ekstra keras. Sebab, dalam pandangan warga, urusan seperti ini diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Padahal kata dia, peran serta masyarakat lah yang paling utama. Bila kesadaran sudah terbangun, tak perlu menunggu petugas untuk membersihkan irigasi. Mantan camat Jatisari ini pun memberikan apresiasi kepada kakek Warya yang sudah gigih membersihkan irigasi seorang diri. “Bagus dan bisa menjadi contoh buat masyarkat setempat," singkat dia. (fah)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template