Paskibra Bisa Tanamkan Kedisiplinan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Paskibra Bisa Tanamkan Kedisiplinan

Paskibra Bisa Tanamkan Kedisiplinan

Written By Mang Raka on Selasa, 20 September 2016 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA - Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kedisplinan pelajar. Salah satunya dengan mengikuti ekstra kulikuler (ekskul) yang ada di setiap sekolah seperti yang tengah dilakukan oleh sejumlah siswa Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Karawang Barat.
Ketua Eskul Paskibra SMPN 6 Karawang, Adetya Herman Pelani mengatakan, dengan berlatih paskibra, seseorang juga bisa melatih pola disiplin. Sebab, setiap gerakan serta aturan dalam paskibra, mengarahkan seseorang untuk tetap disiplin. “Dalam paskibra itu, ada yang namanya latihan baris berbaris dan di dalam latihan baris berbaris seseorang harus kompak. Karena jika tidak kompak dan teratur, maka akan terlihat tidak bagus. Jika kita telaah, maka dengan latihan baris berbaris, maka seseorang juga berlatih untuk disiplin yaitu harus kompak dan teratur,” katanya.
Saat ini, kata dia, anggota Paskibra SMPN 6 Karawang Barat ada 25 orang. Pihaknya menggelar latihan setiap Senin dan Jumat setelah pulang sekolah, agar tidak bentrok dengan jadwal pelajaran. “Kami selalu memanfaatkan waktu luang dalam latihan. Kami latihan biasanya hanya 2 kali dalam satu pekan. Akan tetapi, jika ada perlombaan, biasanya kami meningkatkan pelatihan menjadi seminggu 4 kali atau setiap hari pada saat pulang sekolah,” tuturnya.
Dia menjelaskan, banyak prestasi yang telah diraih oleh ekskul Paskibra SMPN 6 Karawang Barat, seperti salah satunya adalah juara harapan 3 tingkat provinsi, yang di gelar di Bekasi dalam ketegori PBB serta masih banyak prestasi yang diraih ditingkat kabupaten. “Semoga apa yang kami lakukan bisa memberikan manfaat yang baik untuk kita semua. Karena pembelajaran di eskul sekolah tidak lain hanya untuk menunjang, menyalurkan minat serta hobi yang dimiliki oleh para siswa,” jelasnya.
Sementara itu, salah satu anggota Paskibra SMPN 6 Karawang Barat, Ilham Nugroho siswa kelas 8 menambahkan, bahwa dirinya masuk kedalam eskul paskibra, karena paskibra memiliki daya tarik tersendiri seperti selalu terlihat kompak dan rapi disetiap gerakannya. Maka dari itu, dirinya memilih eskul paskibra dalam menyalurkan hobi yang dimilikinya. “Saya sangat tertarik dengan ekskul paskibra, selain itu orangtua juga sangat mendukung,” singkatnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template