Organisasi Pemuda Siapkan Sukwan Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Organisasi Pemuda Siapkan Sukwan Sampah

Organisasi Pemuda Siapkan Sukwan Sampah

Written By Mang Raka on Senin, 05 September 2016 | 14.00.00

TEGALWARU,RAKA - Warga Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru mendesak pemerintah daerah agar menyediakan tempat pembuangan sampah akhir (TPSA) di wilayah mereka. Hal itu dinilai kebutuhan mendesak supaya sungai tidak lagi jadi tempat membuang sampah.

Pesoalan sampah hingga kini belum ada solusi. Parahnya lagi justru kini warga malah menjadikan sungai dan saluran irigasi sebagai tempat buang sampah. Padahal, selain rentan menimbulkan masalah karena sampah itu nantinya akan mengalir dan terdampar di halaman rumah dan sawah milik warga yang lain, sampah-sampah itu dapat menjadi sumber penyakit. Selain menciptakan pendangkalan saluran air.
Beberapa tumpukan sampah saat ini bisa ditemukan baik di lahan-lahan terbuka juga sungai pun tidak luput dari tempat terakhir warga buang sampah. Hingga warga pun mendesak agar pemkab melalui Dinas Cipta Karya bisa secepatnya menyediakan tempat membuang sampah di Karawang Selatan. Seperti yang ditegaskan Ketua Organisasi kepemudaan Desa Cintalaksana, Redy Nugraha (32). Organisasinya siap menjadi motivator jika diajak kerja sama mengelola sampah yang ada di Tegalwaru. Tentu saja itupun jika pemerintah sudah menyediakan tempat pembuangan sampahnya. "Padahal pengelolaan sampah bisa sangat menjual dan diolah menjadi pupuk. Bahkan kami pun siap mengawal demi menekan dan menyadarkan warga pada sampah agar tidak lagi membuang sampah sembarangan," ujarnya.
Demikian Solihin (37), dia menilai perlu upaya agar adanya tempat buang sampah yang tersentral di wilayah Kecamatan Tegalwaru, sehingga warga sadar tidak lagi buang sampah sembarangan. Sebelum adanya pengelolaan sampah yang serius maka pemerintah menggandeng disiplin ilmu yang serius agar ada pengelolaan sampah yang diolah secara serius agar tidak justru malah tidak ada kesiapan pengelolaannya. "Sebelum adanya tempat sampah saya berharap sediakan terlebih dahulu sumber daya manusianya agar saat tempatnya sudah tersedia sampah tidak lagi menjadi persoalan serius. Intinya sampah bisa dikelola dengan baik asalkan siapkan sumber daya teelebih dahulu agar ketika mobilitas terjadi maka sampah pun siap di olah hingga sampah tidak menumpuk," tegasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template