Nilai Investasi Turun Drastis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nilai Investasi Turun Drastis

Nilai Investasi Turun Drastis

Written By Mang Raka on Kamis, 01 September 2016 | 19.27.00

KARAWANG, RAKA - Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPT) mengaku kesulitan untuk memenuhi terget retribusi dari pelayanan perizinan sebesar Rp 63 miliar. Pasalnya, sampai saat ini realisasi retribusi baru mencapai Rp 29,17 miliar atau 30 persen. Sementara waktu yang tersisa 4 bulan lagi.
"Kita kesulitan merealisasikan target retribusi karena adanya UU nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian, sebab mengharuskan investor membangun pabrik di kawasan industri," ujar Sekretaris BPMPT Karawang Wawan Setiawan di kantornya, Rabu (31/8).
Dikatakan, pihaknya bahkan meminta fatwa ke Kementerian Perindustrian terkait adanya investor yang ingin menanamkan investasinya di Karawang, tapi di zona industri. Sebab UU perindustrian itu belum memiliki aturan di bawahnya sebagai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya. "Oleh sebab itu kami sedang menyinkronkan target retribusi izin dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah)," katanya.
Selain sulitnya memaksimalkan PAD dari retribusi pelayanan izin, lanjut Wawan, pihaknya juga mendapatkan imbas dari pemangkasan anggaran karena adanya peraturan Menteri Keuangan tentang penundaan sebagian Dana Alokasi umum (DAU). "Banyak program yang tidak bisa direalisasikan tahun ini, karena adanya penundaan DAU itu," jelasnya.
Dia menambahkan, saat ini pihaknya hanya bisa memaksimalkan pelayanan perizinan dengan mempercepat pelayanan dan pemangkasan birokrasi. "Kita harapkan dengan pemangkasan birokrasi bisa mempercepat perizinan dan bisa memaksimalkan retribusi," katanya.
Dikatakan juga, saat ini pihaknya masih pasif dalam hal menunggu perizinan. Tapi kedepan pihaknya mulai jemput bola dengan cara membantu investor yang akan menanamkan investasinya di Karawang. "Kami juga kehilangan potensi retribusi dari HO, sebab adanya kebijakan pemerintah bagi industri di kawasan tidak perlu membayar HO atau izin gangguan," katanya.(dri)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Setuju Pak, https://twitter.com/krw_property/status/771521857916772352

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template