Natala Desak Pemkab Buat DED Tugu Proklamasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Natala Desak Pemkab Buat DED Tugu Proklamasi

Natala Desak Pemkab Buat DED Tugu Proklamasi

Written By Mang Raka on Jumat, 30 September 2016 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Anggota Komisi B DPRD Karawang Natala Sumedha mendesak Pemkab Karawang  membuat Detail Enginering Design (DED) pembangunan komplek Tugu Proklamasi. Pasalnya anggaran untuk pembangunan fisik dari pemerintah pusat sudah tersedia. Jika  DED belum selesai, otomatis anggaran tersebut tidak  bisa dicairkan.

"DED  harus sesegera mungkin dibuat agar pembangunan bisa  dilaksanakan," kata Natala, Kamis (29/9) kemarin. Menurut  Natala,  Pemkab  harus secepatnya  menyelesaikan DED pembangunan Tugu Proklamasi Rengasdengklok. Pemkab Karawang, sambung dia, terkesan  enggan  menyelesaikan DED. "Harusnya Pemkab Karawang memanfaatkan bantuan dari pusat ini bukan malah dibiarkan terus. Apalagi kita memang membutuhkan bantuan tersebut karena kondisi tugu proklamasi yang sudah rusak. Gimana mau dijadikan tempat wisata sejarah jika kondisinya masih rusak seperti ini," keluhnya.
Dikatakannya,  perbaikan Tugu Proklamasi akan medukung rencana pemerintah meningkat potensi wisata di Karawang. Tugu Proklamasi bisa dijadikan lokasi wisata sejarah bukan hanya untuk masyarakat Karawang tapi juga dari luar Karawang. Karena Tugu Proklamasi merupakan gambaran sejarah lahirnya proklamasi yang berawal dari Rengasdengklok saat Bung Karno dibawa pemuda. "Komplek Rengasdengklok bisa menjadi ikon wisata sejarah untuk Kabupaten Karawang. Makanya kami minta pemerintah serius menyelesaikan ini jangan sampai kita tidak bisa membangun," katanya.
Selain itu Natala mengatakan, pembangunan komplek Tugu Proklamasi harus menyertai nilai – nilai sejarah yang memang saat itu terjadi. Sehingga kedepan wilayah komplek tersebut mampu menjadi lokasi wisata edukasi. “Tambahan jika dibangun museum dilokasi tersebut akan menjadi lebih baik. Sehingga kita bisa memiliki lokasi wisata edukasi,” katanya.
Sejumlah pihak menilai, tersendatnya pembuatan DED yang seharusnya dikerjakan oleh Dinas Cipta Karya ini diduga akibat para pejabat dilingkungan Cipta Karya yang sudah tidak semangat dalam bekerja. Hal ini karena para pejabat disana sedang menjalani proses hukum di Polda Jabar dan Kejati Jabar terkait kasus korupsi proyek pengadaan insenerator tempat pembuangan sampah Jalupang. (ops)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Dear
    Mohon maaf sebelumnya, saya mau bertanya jika untuk pembangunan di area karawang timur dengan ketinggian 27 lantai. Dengan 4 Bassement apakah bisa di keluarkan ijinnya.
    Salam hormat saya.


    Regards

    Bayu kurniawan

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template