Mahasiswa Jakarta Praktek Jadi Guru SD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mahasiswa Jakarta Praktek Jadi Guru SD

Mahasiswa Jakarta Praktek Jadi Guru SD

Written By Mang Raka on Jumat, 30 September 2016 | 13.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Sebanyak 17 Mahasiswa Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPB-JJ) Jakarta, menggelar praktek Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) dan  Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) di SDN Rawagempol Wetan 1 Kamis (29/9). Mahasiswa jurusan PGSD semester IV yang berlatar belakang para guru tersebut, mempraktekan komptensi mengajar seusai Rencana Program Pembelajaran (RPP) guna membidik standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) siswa di sekolah tersebut.
Salah seorang Mahasiswi UT UPBJJ saat ditemui di sela-sela kegiatan prakteknya, Fasilatuzzahroh mengungkapkan, pihaknya bersama rekan-rekan mahasiswa lainnya sudah melaksanakan praktek 4 hari terakhir sesuai jadwal yang ada di sekolah tujuan praktek. Kamis pagi, dirinya mengajar siswa dengan mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia. Untuk Memenuhi standar mata kuliah di semester IV ini, pihaknya dituntut mampu menganalisis metode mengajar yang baik agar daya serap siswa bisa optimal.
Meskipun agak kesulitan karena karakter anak-anak yang berbeda-beda, melalui motivasi dan pembelajaran dengan media alat peraga, setidaknya bisa menopang pemahaman apa yang disampaikan. Selain menyempurnakan indikator dalam RPP yang sudah dibuat, targetnya melampaui nilai KKM siswa juga diharapkan bisa dipenuhi dengan baik. Caranya sebut mahasiswi asal Desa Lemahmakmur Kecamatan Tempuran ini, memotivasi semangat belajar agar lebih efektif dan cepat menangkap materi yang disampaikan. "Harapan setelah kami praktekan PKM ini, semoga siswa bisa memahami materi yang kami sampaikan dan sudah sesuai RPP yang dibuat," tandas dia.
Sementara itu, penguji 1 praktek Mahasiswa UT UPB-JJ, Drs H Mohammad Yahya Hambali M.Pd mengatakan, para mahasiswa semester IV program studi PGSD ini diujikan dalam bentuk praktek lapangan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM), melalui dua Alat Penilai Kemampuan Guru (APKG) seperti menilai RPP dan kriteria. Pihaknya akan menilai sejauh mana kemampuan mengajar para mahasiswa saat di lapangan selain tambah Yahya, menilai APKG ke 2 soal hasil pelaksanaan baik eksak maupun non eksak.
RPP sebutnya, diisi komplit mulai dari Pembukaan, Penutup dan evaluasi. Baru setelahnya para mahasiswa ini dites secara terulis dan lisan. Wal hasil, jika anak peserta didiknya masih dibawah KKM seperti patokan nilai 6,0 misalnya, maka penguji dan mahasiswa bisa menyimpulkan sendiri bahwa ada 2 kemungkinan, yaitu, apakah gurunya yang tidak bisa mengajar atau muridnya yang kurang menyerap materi. "Mahasiswa praktek 17 orang di SD ini,  latar belakang semuanya rata-rata guru , kita lihat kemampuan mengajar dan kemampuan profesionalnya di lapangan," jelasnya.
Dosen mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menambahkan, para mahasiswa harus menguasai mata pelajaran eksak dan non eksak, utamanya yang di-UN-kan, sehingga saat praktek, harus menyesuaikan dengan jadwal pelajaran sekolah tujuan praktek ini. Mereka sebut Yahya, praktek PKP ini tertanggal 27,28,29 dan 30 September ini di dua tempat. Ia melihat, latar belakang para mahasiswa yang memang seorang guru baik PNS maupun honorer, sudah tidak canggung lagi berhadapan dengan murid. Tapi lulusan PGSD ini memang dicetak lebih profesional dalam memenuhi tugas-tugas RPP dan lainnya. Sehingga, hasil dari praktek ini langsung dilaporkan ke kampus pusatnya di Jakarta lazimnya penyusunan skripsi. Ia berharap, dengan semakin handalnya mahasiswa atau pengajar dalam menyusun RPP, mengoreksi dan menganalisis metode pembelajaran, bisa mencetak generasi-generasi pendidikan yang semakin matang dalam merangsang pemahaman para peserta didik di masa-masa mendatang. "Mahasiswa kita uji langsung di lapangan, bagaimana penyesuaian metode mengajarnya dengan RPP? Sampai menganalisis kelemahan dan keberhasilannya dalam menerapkan kemampuan mengajarnya," jelas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template