Kirab Api Pon akan Lintasi Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Kirab Api Pon akan Lintasi Karawang

Kirab Api Pon akan Lintasi Karawang

Written By Mang Raka on Selasa, 06 September 2016 | 21.11.00

Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV mulai dikirab dari Kabupaten Indramayu, Senin (5/9).
Selaku pimpinan apel pelepasan Api PON dan Peparnas, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, mengambilnya dari Ambina (atlet tenis meja dengan kebutuhan khusus) dan Zukaria (atlet tinju), untuk kemudian diserahkan ke Suprianto (mantan atlet peserta SEA Games) dan Darma (atlet legendaris cabang angkat besi dari Indramayu).
Dalam kesempatan tersebut Puan didampingi oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Ketua Umum KONI, Tono Suratman. Api PON dan Peparnas akan dikirab ke 16 kota/kabupaten di Jawa Barat dan berakhir di Kota Bandung. "Kirab Api PON ini menempuh jarak 1005,6 km. Ini jarak tempuh kirab paling panjang sepanjang pelaksanaan PON," ujar Puan.
Menko PMK berpesan agar warga Jawa Barat bisa menjadi tuan rumah PON dan Peparnas yang baik, serta menjadi contoh bagi daerah lain dalam menyelenggarakan kegiatan olahraga. Api PON dan Peparnas dinyalakan di Majakerta, Balongan, Indramayu. Tempat tersebut dipilih karena merupakan tempat ditemukannya nyala api pertama, yang kemudian menjadi sumber gas bumi. PON dan Peparnas sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 17-29 September 2016. "Semua atlet yang mengambil bagian dalam kegiatan nanti tidak boleh hanya berpuas diri kalau menjadi juara nasional. Sebaliknya harus mengangkat dan meningkatkan prestasi serta membanggakan nama bangsa Indonesia di ajang internasional seperti Asian Games dan Olimpiade. Harus menjadi pemacu bagi semua atlet lain. Indonesia masih butuh atlet berprestasi," katanya.
Peserta pembawa api adalah atlet legendaris dari Jawa Barat, yang terdiri dari dua regu atlet Indramayu. Mereka diampingi oleh prajurit Satpur, Satbanpur wilayah Kodam III Siliwangi yang ditugaskan untuk mengarak Api PON. "Mereka berlari menuju arah Kabupaten Cirebon dengan rute arak-arakan dari alun-alun Indramayu menuju Cirebon melalui Jalan Soekarno-Hatta, pertigaan Majakerta-Karangampel sampai ke perbatasan Indramayu-Cirebon di Kecamatan Kapetakan akan dilanjutkan ke arah Kota Cirebon. Selanjutnya ke 27 kota dan kabupaten," terang Letkol Arh Desy Aryanto.
Sebagai bentuk penghormatan pada perayaan hari besar agama Islam Idul Adha 2016, kirab api akan libur selama dua hari. "Untuk perayaan Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah, perjalanan obor kirab api akan diliburkan selama dua hari, tanggal 11-12 September 2016. Api PON saat berada di Kota Bekasi disemayamkan di Pendopo Walikota Bekasi," kata dia.
Untuk mengamankan jalannya kirab api PON ini, akan diturunkan 6.769 personel keamanan. Selain berjaga di pinggir jalan, petugas keamanan juga akan ikut mengiringi kirab api PON. "Selama 13 hari kirab pengawalan dilakukan dari personel gabungan dari Polri, TNI dan Satpol PP Provinsi Jawa Barat," jelas Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus.
Yusri menerangkan sepanjang jalan akan ada pihak keamanan yang mengawal jalannya kirab api. Rombongan akan dikawal selama dalam perjalanan membawa api abadi tersebut. Terakhir api PON akan disemayamkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung pada upacara pembukaan 17 September 2016. (adk/jp/psn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template