Kinclong, Laba Alfamart Rp 48 Triliun - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kinclong, Laba Alfamart Rp 48 Triliun

Kinclong, Laba Alfamart Rp 48 Triliun

Written By Mang Raka on Kamis, 08 September 2016 | 16.30.00

-Incar Buka 200 Gerai di Filipina

Perlahan tapi pasti, gerai Alfamart terus menjamur di berbagai sudut di Indonesia. Tidak puas dengan hal itu, PT Sumber Alfaria Trijaya membidik 200 gerai di Filipina.
Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Anggara Hans Prawira mengakui, perseroan dan entitas anak perusahaannya menghadapi tantangan berat pada 2015. "Kerja keras manajemen mampu mendorong pencapaian lebih baik," kata Anggara  usai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan di Kantor Pusat Alfamart, Kota Tangerang, beberapa waktu lalu.
Anggara mengatakan, pendapatan neto konsolidasi perseroan dan entitas anak pada 2015 mencapai Rp 48,27 triliun. Jumlah itu meningkat sebesar 16.31 persen dibandingkan pada 2014 yang mencapai 41.50 triliun. "Pertumbuhan pendapatan neto terutama didorong pertambahan gerai perseroan dan entitas anak sepanjang 2015. Di samping pendapatan gerai," kata Hans.
Menurutnya, pencapaian itu didukung pertumbuhan gerai perseroan  dan entitas anak sepanjang 2015. Selain tentu saja adanya pertumbuhan gerai. Dia menambahkan, pencapaian didukung oleh pertumbuhan sebesar 13.94 persen  menjadi 12.258 gerai. Terdiri dari perseroan dan entitas anak tersebar di luar pulau Jawa. "Fokus di luar Jawa karena potensi pasar masih luas," katanya.
Diketahui, PT Sumber Alfaria Trijaya berencana menambah 100 gerai baru sepanjang 2016 ini. Perseroan telah membuka 99 gerai Alfamart di Filipina hingga akhir 2015. "Sampai Juli 2016, jumlahnya sudah mencapai 152 gerai. Kami berharap di akhir tahun nanti sudah ada 200 gerai di Filipina dengan skema franchise," kata International Business and Technology Director Alfamart, Bambang Setyawan Djojo dalam siaran persnya di Jakarta.
Bambang menjelaskan, bisnis tersebut dijalankan di Filipina dengan skema join venture (JV) bersama peritel lokal SM Group. Melalui Alfamart Retail Asia Ltd. (ARA) yang bermarkas di Singapura serta bekerja sama dengan SM Retail Supermarket, Alfamart membuka gerai pertamanya di Manila pada Juni 2014 lalu. Menurut Bambang, pasar Filipina merespons positif kehadiran Alfamart karena bisnis retail grocery masih jarang di sana dan belum banyak pesaing langsung. Namun jika dibandingkan dengan di Indonesia, kontribusinya terhadap induk perusahaan masih belum signifikan. "Di sana lebih banyak kami temukan pemain convenience store. Namun kami percaya, ini merupakan peluang yang prospektif untuk terus dikembangkan," ujarnya.
Dia menjelaskan, tahun ini, perusahaan menyiapkan dana belanja modal (capital expenditure) sebesar Rp 2,2 triliun, salah satunya untuk ekspansi gerai. "Di dalam negeri akan kami tambah 1.200 gerai lagi dengan fokus di luar Pulau Jawa," ungkap Bambang.
Perseroan pun masih mengkaji kemungkinan ekspansi lagi ke negara ASEAN lainnya. Sampai saat ini, ekspansi ke luar negeri baru menyasar Filipina. "Perusahaan masih melakukan studi untuk mempelajari pasar potensial beserta regulasinya. Masih mencari peluang ke negara lain," paparnya. (yer/psn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template