Kekerasan Dalam Rumah Tangga Masih Tinggi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kekerasan Dalam Rumah Tangga Masih Tinggi

Kekerasan Dalam Rumah Tangga Masih Tinggi

Written By Mang Raka on Jumat, 23 September 2016 | 14.00.00

TELUKJAMBEBARAT, RAKA - Badan Pusat Pemberdayaan perempuan Anak dan keluarga Berencana (BPA3KB) bekerjasama dengan Pusat pelayanan terpadu pemberdayaan anak Provinsi Jawa Barat mengadakan bimbingan dan teknis. Hal itu dianggap perlu untuk menekan tingkat kekerasan rumah tangga yang kasusnya cukup tinggi saat ini.

Perwakilan kader motivator ketahanan keluarga (Motekar) Kabupaten Karawang mengikuti program tersebut. Program ini diharapkan bisa diimplementasikan dalam prakteknya di lapangan. Kerentanan dalam rumah tangga pun di kupas dengan seksama dalam Bintek yang dipaparkan oleh para azuthor dari Dinas BPAKB Provinsi Jawa barat. Dalam acara itu Kader Motekar dari Karawang Selatan pun ada dan ikuti kegiatan tersebut. Memang kegiatan itu mesti dijalankan oleh para kader motekar di lapangan dalam konteks kerjanya. Pelaksanaan tersebut di ikuti oleh sekitar 30 kader dari Kabupaten Karawang.
Seperti dijelaskan Koordinator Motekar, Ajiz Sunarji.Spd, Kamis (21/9). Hak atas perlindungan, hak atas keadilan dan hak atas pemulihan juga pemberdayaan Mewujudkan kesejahteraan, keadilan dan kesetaraan gender diberbagai bidang kehidupan perempuan dan anak secara menyeluruh merupakan tugas bersama. "Kita berharap kader motekar bisa menjadi pembuka wawasan, hingga hak perempuan dan anak sangat dihargai keberadaaannya dan tidak dianggap sepele. Saya harap dengan Bintek yang kami ikuti ada kekuatan yang cukup sinerji dengan semua pihak," harapnya.
Demikian yang dipaparkan Dodo swanda, kader motekar Karangligar. Melakukan upaya preventif (pencegahan) kekerasan terhadap perempuan dan anak harus dilakukan. Termasuk
melakukan pendidikan publik (masyarakat) secara keseluruhan melalui kegiatan berbagai penyuluhan, sosialisasi, kampanye, dan lain-lain juga Memfasilitasi upaya pemberdayaan ekonomi perempuan bagi kelompok-kelompok yang rentan terhadap tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, dengan membangun koordinasi dengan berbagai lembaga penyelenggara kegiatan pemberdayaan ekonomi perempuan. "Dengan memfasilitasi upaya peningkatan kualitas hidup perempuan dan anak di sektor pendidikan, kesehatan, keagamaan serta Syariat Islam, ekonomi, politik, sosial dan budaya, juga koordinasi dengan instansi atau lembaga terkait yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tersebut," ucapnya.
Kepala seksi Ketahanan Keluarga Karawang Yuda wisnu JB, memaparkan Peran Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan Motekar adalah sebagai pusat pelayanan bagi perempuan dan anak korban kekerasan. Selain pusat data dan informasi tentang kekerasan terhadap perempuan dan anak serta sebagai pusat koordinasi lintas sektoral terkait pemberian layanan bagi perempuan dan anak korban kekerasan.
"Memberikan pelayanan penerimaan pengaduan dan pelaporan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan tugas selain Pengembangan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2TP2). Selain memfasilitasi pelayanan kesehatan bagi perempuan dan anak korban kekerasan dan memfasilitasi pelayanan psikologis bagi perempuan dan anak korban kekerasan. Juga memfasilitasi pelayanan pemberian bantuan hukum dan penegakan hukum bagi perempuan dan anak korban kekerasan merupakan tugas Kader Motekar dan masyarakat," katanya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template