Kasus Dugaan Korupsi Bantuan DTA Terus Bergulir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kasus Dugaan Korupsi Bantuan DTA Terus Bergulir

Kasus Dugaan Korupsi Bantuan DTA Terus Bergulir

Written By Mang Raka on Jumat, 02 September 2016 | 18.09.00

KARAWANG, RAKA - Kasus dugaan korupsi dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) sebesar Rp 9 miliar tahun anggaran 2014 terus bergulir.
Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang akan kembali memanggil Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang Dadan Sugardan, untuk memberi keterangan terkait kasus tersebut. Pasalnya, keterangan Dadan sangat penting, karena kegiatan BOP merupakan salah satu program Disdikpora, yang disalurkan melalui bagian Kesra di lingkungan Setda Karawang kemudian ke Kementerian Agama Karawang. Sedangkan untuk sekolah madrasah atau sekolah negeri, dikelola langsung oleh Disdikpora. "Kami berharap pejabat di Disdikpora bisa koperatif, agar pemeriksaan berjalan lancar dan cepat," kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Karawang, Titin Herawati kepada wartawan di kantornya, Kamis (1/9) kemarin.
Sesuai dengan jadwal, penyidik meminta keterangan dari dua pejabat Disdikpora Karawang. Namun, Dadan Sugardan mangkir tanpa alasan yang jelas. Sedangkan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Cecep Mulyawan sudah hadir dan telah memberikan keterangan. "Jika penyidik nanti masih membutuhkan keterangan tambahan, tentu kami akan panggil kembali," lanjutnya.
Sebelumnya, Kejari memeriksa sejumlah pejabat di lingkungan Kemenag Kabupaten Karawang dan pejabat di bagian kesra. Sebanyak 10 orang sudah menjalani pemeriksaan. Modus operandi yang dilakukan yaitu dengan cara memotong bantuan tersebut sebesar 15 persen, dari bantuan yang diterima setiap siswa DTA. "Sebenarnya yang dilaporkan itu dana BOP tahun anggaran 2014, namun setelah kita periksa ternyata tahun 2015 juga bermasalah. Bisa saja kasus ini berkembang lebih dalam lagi, tergantung hasil pemeriksaan nanti," katanya. (ops)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template