Jalan Penghubung Makam Syeh Quro-Singperbangsa Rusak Parah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jalan Penghubung Makam Syeh Quro-Singperbangsa Rusak Parah

Jalan Penghubung Makam Syeh Quro-Singperbangsa Rusak Parah

Written By Mang Raka on Sabtu, 17 September 2016 | 14.30.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Jalan penghubung 2 makam penting tokoh Karawang masih dibiarkan rusak bertahun-tahun. Padahal, jalan antara Makam Syeh Quro di Desa Pulokalapa Kecamatan Lemahabang dengan Makam Adipati Singaperbangsa di Desa Manggungjaya Kecamatan Cilamaya Kulon menjadi akses yang alternatif untuk lebih cepat sampai di Lemahabang-Cilamaya Kulon. Namun, jalanan yang masih rusak di sepanjang Dusun Cibeureum Pulomulya dan sebagian Manggungjaya yang tak berpenghuni itu, kondisinya memprihatinkan. Jalanan curam dan berdebu saat musim kemarau hingga jemblok saat musim penghujan.
Salah seorang petani di sekitaran Cibeureum,  Sa'ad (36) mengatakan, akses jalan dari Pulomulya ke Manggung dan sebaliknya, hanya mulus sebagian saja. Karena memang setiap tahun dibenahi bertahap tanpa tuntas. Padahal kondisi jalanan rusak masih begitu panjang. Ini sebut Saad, bukan saja menjadi akses petani dan mempersulit kendaraan roda empat saat bongkar muat, tetapi juga jalur sejarah dua tokoh yang makamnya bertetanggaan. Yaitu Syeh Quro dengan Adipati Singaperbangsa atau bupati pertama Karawang. Andai saja jalur ini mulus sambung Saad, memang menjadi jalan alternatif supaya lebih cepat antarLemahabang-Cilamaya Kulon. Mungkin saja sambungnya, hal ini tak kunjung direalisasikan lantaran jalanan ini lebih dari 2 kilometer jauh dari pemukiman warga. Terang saja, mungkin aspirasi DPRD atau dinas lebih memprioritaskan serapan aspirasi pada infrastruktur yang berpenduduk padat dengan target popularitasnya melonjak untuk kepentingan Pileg di tahun-tahun mendatang. "Disentuh juga mungkin gak prioritas, karena gak berpenduduk sih walaupun penting bagi petani mah," jelas dia.
Kades Manggungjaya Dedi Embun mengakui, jalanan tersebut bertahap dibangun, tapi sejak di wilayah hulu terlebih dahulu. "Iya sedikit lagi, jalanan masih bisa dilalui sih kalau kering mah," tandas dia.
Anggota DPRD Dapil IV, Mulya Syafari ST mengatakan, jalanan Jayanegara-Manggungjaya, dianggarkan dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT). Semoga saja harapnya, bisa terealisasikan lewat aspirasi. Disinggung sisanya yang menembus hingga komplek makam Singaperbangsa, dirinya masih pesimis selesai dengan segera. Karena dari aspirasipun diakui Dewan PBB ini memprioritaskan sarana infrastruktur yang jaraknya dekat dengan kampung halaman. Mungkin khusus di anggaran murni bisa dialokasikan pada tahun depan, karena diakui Mul, jalanan cor yang sudah mulus itu sudah sampai totoang pesawahan dan baru selesai oleh anggaran murni 2016 sepanjang 600 meter saja. "Mau benahi nu dilembur dulu, yang di Dusun Pulohaur Desa Jayanegara, ke murni taun hareup karak anu ka totoangna," ujarnya dalam bahas sunda. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template