Hutan Calingcing Akan Dihijaukan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hutan Calingcing Akan Dihijaukan

Hutan Calingcing Akan Dihijaukan

Written By Mang Raka on Kamis, 29 September 2016 | 13.30.00

TEGALWARU, RAKA - Sekitar 1000 batang pohon rasamala siap menghijaukan hutan Calincing. Pohon yang merupakan jenis tanaman produktif di pulau Sumatera tersebut akan ditanam di lahan tandus sebagai pengaman longsor.

Rencana penanaman pohon tersebut akan dilakukan serentak sejumlah komunitas pencinta alam pada Sabtu dan minggu (2-3/10) di areal hutan konservasi Calincing, Desa Cintalaksana. Kagiatan yang dipelopori komunitas cinta lingkungan tersebut diharapkan bisa menjadi hutan konservasi berbagai jenis tumbuhan dari berbagai wilayah. Termasuk Rasamala yang epideminya banyak tumbuh subur di wilayah Pulau Sumatera.
Pohon itu tumbuh kuat dengan masa usia progresif hingga 150 tahun. Tanah di hutan Calincing dengan unsur hara yang mampu menyeimbangi hidup suburnya pohon tersebut agar bisa membuat hutan Gugusan Sanggabuana lebih lebat, rindang, hijau, aman dan lebih mengembalikan hutan pada ke kedaulatannya. "Saya optimis kedepannya Hutan Calincing akan jauh lebih baik dan menjadi hutan yang tetap memberikan kontribusi oksigen bersih pada Kabupaten karawang. Hutan yang ada di Kecamatan Tegalwaru cukup dinamis maka saya bersama komunitas lainnya berharap hutan Sanggabuana akan jauh lebih baik dan lebih nyaman," ucap Obay, Rabu (28/9), anggota pecinta lingkungan setempat.
Dijelaskan Obay (29), rencana penanaman itu akan melibatkan ratusan pencinta alam dari berbagai unsur. Keperdulian mereka bisa diapesiasi karena dengan adanya hutan di Kabupaten Karawang diharapkan bisa memberikan hutan yang lebih sehat kepada wilayaha pangkuan di Kabupaten Karawang.
Hal senada diungkapkan Robik (27) juga anggota pecinta alam. Dirinya optimis pohon Rasamala bisa hidup dan besar di hutan Calincing. Gunanya pohon tersebut sebagai pohon yang mampu menangkap air resapan hujan dengan maksimal, hingga pada kemarau nanti jauh akan lebih aman ketersediaan air. "Jangan seperti pada tahun sebelumnya hutan di kita tidak mampu menopang kekeringan, bahkan hingga masyarakatnya mendapatkan dampak yang cukup luar biasa hingga kesulitan air," ucapnya.
Demikian dengan Ace (30), sejauh program mengembalikan hutan kembali kepada fungsinya maka saya yakin hutan akan jauh lebih baik. Semua itu tergantung dari niatnya. Maka dengan adanya keperdulian yang di usung oleh komunitas maka diharapkan Hutan Karawang akan lebih baik di masa depan nanti. "Minimal anak cucu kita yang bisa merasakan faedahnya dari kerja keras kami sekarang. Pohon Rasamala adalah pohon produktif yang cukup menjanjikan selain kokoh. Saya harapkan semua wilayah Karawang selatan bisa seperti Hutan Konservasi Wana puncak sempur," pungkasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template