Hewan Murung Jangan Buat Kurban - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hewan Murung Jangan Buat Kurban

Hewan Murung Jangan Buat Kurban

Written By Mang Raka on Selasa, 06 September 2016 | 14.30.00

Salah satu syarat kurban adalah hewan yang dikurbankan harus sehat dan layak dikonsumsi. Hal inilah yang ditekankan dalam syariat Islam. Syarat ini bisa dilihat dari kondisi fisik hewan.
Boboy, peternak domba dan sapi asal Klari mengatakan, masyarakat dapat memilih hewan kurban dengan ciri-ciri fisik. Hewan yang sehat, kata dia, hewan gemuk, tidak keluar cairan pada hidung, lincah dan tidak kurus. "Pilihlah hewan kurban dengan ciri-ciri seperti itu," kata Boboy.
Aktivis HMI ini juga menambahkan, hewan yang terlihat murung bisa jadi sedang sakit, sehingga sebaiknya tidak dibeli untuk dikurbankan. "Bila hewan terlihat murung itu bisa jadi sedang sakit atau demam, enggak boleh," katanya. Namun bila hewan kurban terjangkit penyakit cacing hati, menurutnya dagingnya boleh dikonsumsi tapi hatinya harus dibuang, tidak boleh dimakan.
Masalah kesehatan hewan juga diatur dalam Undang-undang nomor 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, bahwa daging yang beredar di masyarakat harus memenuhi persyaratan aman, sehat dan halal.
Untuk itu Boboy mengimbau kepada masyarakat yang akan membeli hewan kurban untuk datang ke tempat penjualan hewan kurban yang sudah terdapat label sehatnya. Label sehat menunjukkan bahwa hewan kurban aman. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template