Fungsilan Lampu Merah Ciranggon - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Fungsilan Lampu Merah Ciranggon

Fungsilan Lampu Merah Ciranggon

Written By Mang Raka on Selasa, 20 September 2016 | 13.00.00

MAJALAYA, RAKA - Desakan agar Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) memfungsikan lampu merah di perempatan Ciranggon kembali mengemuka. Perempatan Ciranggon merupakan salah satu titik strategis lalulintas di Karawang, seperti halnya perempatan lampu merah Johar dan Karangindah.

Dijelaskan, titik dimana rambu-rambu lalu lintas itu berada merupakan jalur utama menuju Kota Karawang yang padat lalulintas dan rawan macet. Dititik ini kerap terjadi kemacetan karena banyaknya kendaraan yang melintas. Kondisi seperti itu yang membuat sekitar ruas itu sering terjadi kecelakaan. "Perempatan Ciranggon bukan saja rawan macet tetapi juga rawan kecelakaan. Karena itu kami menilai perlunya dipasang lampu merah di titik itu," ujar Yogha Mahmud, pemerhati masalah lalulintas belum lama ini.
Yogha menilai, jika lampu di perempatan Ciranggon difungsikan kembali tingginya kecelakaan yang terjadi di ruas jalan itu dapat diminimalisir. Itu memungkinan, karena dda aturan yang mengharuskan kendaraan harus berhenti.  "Saya optimis bukan saja tingkat kecelakaannya bisa diminimalkan tetapi juga lalu lintas yang semrawut diruas itupun dapat dibenahi," tambah Yogha.
Dikatakan Yogha, masih banyak titik-titik rawan kecelakaan dan kecelakaan di yang perlu dipasangi lampu merah. Sehingga aksi terobos dan saling berebut melintas jalan di perempatan dan pertigaan jalan bisa dihentikan. Yogha menambahkan, Trafick light di Perempatan Ciranggon sudah lama dibangun, akan tetapi tidak difungsikan dalam mengatur lalu lintas jalan.
Pihak kepolisian setempat harus menjaga perempatan ciranggon dengan mengatur lalu lintas, agar kecelakaan lalu lintas dapat dicegah. Sementara, pihak kepolisian harus melakukan koordinasi dengan Dishubkominfo Karawang dalam meningkatkan kedisiplinan pengendara. "Pengendara motor akan disiplin berkendara, bila semua fasilitas pendukung seperti trafick light difungsikan dengan baik," katanya.
Dia melanjutkan, tidak berfungsinya lampu merah lalu lintas menjadi tidak terkontrol, serta lalu lintas bisa lebih teratur sehingga keselamatan pengguna jalan bisa lebih terjaga. Pemerintah bersama pihak kepolisian harus mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, serta menindak tegas pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.
Selain itu, Dishubkominfo harus membuat seluruh trafick light terutama pada titik rawan kemacetan. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template