Ekskul Pramuka MA Al Ahliyah Berprestasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ekskul Pramuka MA Al Ahliyah Berprestasi

Ekskul Pramuka MA Al Ahliyah Berprestasi

Written By Mang Raka on Selasa, 20 September 2016 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Bukan hanya melatih kemandirian ataupun menyalurkan hobi para siswa saja. Melainkan ekskul pramuka MA Al Ahliyah Bakanmaja, Kecamatan Kotabaru yang memiliki nama Hambalang Sudirman tersebut, memiliki segudang prestasi yang cukup membanggakan. Baik dari prestasi di tingkat kecamatan ataupun di tingkat kabupaten.
Anggota ekskul pramuka Hambalang Sudirman, Devi Rachmawati mengatakan, bahwa prestasi yang diraih merupakan hasil kerja keras dan latihan yang disiplin. Karena tanpa itu semua, bagi perempuan yang memiliki wajah cantik ini prestasi tidak mungkin bisa diraih. Maka dari itu, para anggota ekskul pramuka Hambalang Sudirman selalu disiplin dalam berlatih. Selain itu, komunikasi dan kebersamaan yang begitu erat disesama anggotanya, menjadi modal tambahan dalam menjalankan setiap aktifitas di ekskul tersebut. "Untuk latihan, biasanya dilakukan seminggu sekali, akan tetapi jika mau mengikuti perlombaan biasanya intensitas latihan ditambah dan jadwalnya sendiri disesuaikan dengan kesibukan para anggotanya. Baik kesibukan dengan pendidikan formal ataupun kesibukan di rumah. Karena pendidikan formal dan keluarga jauh lebih penting dibandingkan semuanya," katanya.
Para anggota ekskul pramuka Hambalang Sudirman, kata dia, juga kerap menjadi pelatih di sekolah-sekolah tingkat SMP ataupun SD. Hal tersebut karena semua sekolah di Cikampek, Kotabaru dan Jatisari sudah mengetahui kualitas anggota ekskul pramuka Hambalang Sudirman. Sehingga, setiap even atau kegiatan yang berhubungan dengan pramukan Hambalang Sudirman selalu menjadi garda terdepan dan selalu menjadi panutan untuk yang lainnya. "Bukan kami sombong atau apapun itu, akan tetapi semoga apa yang telah kami lakukan bisa menjadi motivasi untuk sekolah lainnya. Agar ekskul wajib di setiap sekolah ini bisa benar-benar menjadi pusat perhatian setiap sekolah. Kami sering melakukan kegiatan perkemahan Sabtu Minggu di tingkatan sekolah dasar dan para pengelola, pembina dan pelatihnya itu diambil dari Hambalang Sudirman dan tentunya itu membuat kita bangga," ucapnya.
Dia menjelaskan, bahwa kesuksesan ekskul pramuka Hambalang Sudirman itu berkat dorongan penuh dari pihak sekolah dan orangtua siswa yang selalu mensuport dan memberikan kepercayaan secara utuh kepada para anaknya untuk mengikuti kegiatan ekskul di sekolah. Sehingga, saat siswa melaksanakan kegiatanya, tidak pernah was-was dan khawatir akan dimarahi atau di laarang oleh kedua orangtuanya karena selalu pulang telat sibuk dengan kegiatan di sekolah. "Awalnya kita undang semua orangtua siswa yang bergabung di ekskul Hambalang Sudirman. Lalu kita jelaskan semua kegiatan dan kesibukan yang ada dan akan dilaksanakan oleh para anaknya selama di sekolah. Selain itu, setiap ada siswa yang meraih prestasi dan naik jabatan. Maka orangtua siswa kembali diundang untuk diberikan penghargaan. Sehingga orangtua siswa merasa bangga dan percaya terhadap sekolah dan ekskul pramuka Hambalang Sudirman. Bahwa anaknya di sekolah melakukan kegiatan yang baik, positif serta bermanfaat," ungkapnya.
Sementara itu, pembina ekskul pramuka Hambalang Sudirman, Hj Susi Mawaddatussurur S.Pd mengatakan, bahwa kegiatan pramuka semuanya bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang mandiri, disiplin, ramah, sopan dan berbudi pekerti. Karena disetiap agenda kegiatan pramuka itu selalu disampaikan. Baik berupa materi pembelajaran ataupun materi yang langsung dilaksanakan dengan prakteknya. "Jadi bukan hanya peraktek dilapangan saja, melainkan ada juga materi-materi yang harus dipelaari secara khusus oleh para anggota pramuka. Dan kedua materi tersebut mengarah kesatu tujuan yaitu kemandirian siswa. Sehingga, banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh para siswa yang bergabung di ekskul pramuka. Makanya wajar jika pemerintah mewajibkan ekskul pramuka sebagai ekskul wajib disetiap sekolah," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template