Dongkal Masih Tetap Kampung Curanmor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dongkal Masih Tetap Kampung Curanmor

Dongkal Masih Tetap Kampung Curanmor

Written By Mang Raka on Kamis, 22 September 2016 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Meski belum berhasil meringkus penadah motor curian yang sedang diburu, namun polisi menangkap dua pencuri sepeda motor saat akan menjual motor hasil curiannya ke daerah dongkal di Kecamatan Pedes. Melalui kedua tersangka itu, polisi kini melakukan pengembangan kasus serupa yang menimbulkan banyak korban kecurian.

Seperti dijelaskan, awalnya,  anggota resmob Polres Karawang menangkap AG GM alias Otong bin Aceng (18) warga Desa Situdam Kecamatan Jatisari, dan DDNG PRMN (25) warga Babakan Cikao Purwakarta. Pelaku saat itu datang ke Dongkal menggendarai sepeda motor honda beat tanpa plat nomor. Motor yang belakangan diketahui berplat nomor T 2993 NC ternyata hasil curian.
Itu diketahui setelah polisi menghentikan kedua penjahat tersebut dan melakukan penggeledahan. Bahkan petugas sempat terkejut saat mendapati sepucuk senjata api rakitan dari tangan salah seorang tersangka. "Saat digeledah, anggota menemukan sepucuk senjata api rakitan jenis revolver berikut dua peluru kaliber 9 mm," kata Wakapolres Karawang, Kompol Eko Prasetyo didampingi Kasat Reskrim, AKP Hairullah dan Kasubag Humas, AKP Marjani, Rabu (21/9).
Petugas bukan hanya melakukan penyitaan tetapi langsung mengamankan tersangka berikut barang bukti motor bodong yang dikendarai kedua tersangka. Termasuk dua honda beat warna hitam dan satu unit honda vino dari tangan penadahnya. Ketiga kendaraan tersebut tanpa plat nomor. Namun sayang, para penadah motor curian tersebut yang dikenal dengan panggilan Kadal, Robat dan Pandi berhasil melarikan diri. "Motor curian itu rencananya mau dijual kepada Kadal," kata Eko.
Dalam kesempatan tersebut, Eko menambahkan, pihaknya telah mengangkap dua pelaku curas ranmor,  Tyaz Koswara alias Gepeng (24)  dan Suja(24) keduanya warga Rengasdengklok. Selain itu, pihaknya juga menangkap ER (20) dan DE (21) warga Johar, Karawang pelaku spesialis rumah kosong "Dalam kurun waktu satu minggu terakhir kami mengamankan tiga belas tersangka dan barang bukti satu pucuk senjata api rakitan serta belesan sepeda motor," terangnya .
Eko mengatakan,  dua dari tiga belas tersangka merupakan komplotan Lampung dan juga residivis dalam kasus yang sama. Untuk modus pelaku curanmor, mereka melakukan pepet terlebih dahulu korbannya lalu membawa kabur. Hasil rampasannya dijual ke daerah Dongkal, Kecamatan Pedes. “Mereka ini sebenarnya dimanfaatkan oleh para penadah untuk menjadi pemetik. Padahal resikonya tinggi dengan korbankan nyawa tidak sebanding dengan penghasilan yang didapatnya, bila ditangkap oleh massa,” ungkapnya.
Pelaku akan dikenakan pasal 363 KUPidana pencurian dengan pemberatan dengan hukuman minimal 7 tahun. Untuk pelaku dikenai pasal 365 dengan ancaman 12 tahun penjara. “Tersangka Otong akan mendapat sanksi hukum yang lebih berat karena dijerat dengan pasal berlapis ,” tegasnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template