Dinsos Data Ulang Orang Miskin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dinsos Data Ulang Orang Miskin

Dinsos Data Ulang Orang Miskin

Written By Mang Raka on Senin, 26 September 2016 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Sosial akan memiliki data akurat jumlah orang miskin di Karawang. Data ini nanti menjadi acuan data terkait orang miskin dalam berbagai bantuan, baik yang berasal dari Pemerintah Karawang, Propinsi dan maupun Pemerintah Pusat.
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karawang Rokhuyun A. Santosa, kemarin. Dia menegaskan pentingnya peranan Dinas Sosial dalam tatanan kemasyarakatan, terlebih dinas ini pula yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, termasuk mengenai data warga tidak mampu. "Data yang akan dijadikan patokan adalah data dari Dinas Sosial, sehingga kedepan jumlah orang miskin yang ada bisa dipastikan," ungkapnya.
Rokhuyun juga mengatakan saat ini upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) juga tengah dilakukan. Termasuk memberikan pembekalan dan pelatihan. Tujuan untuk menciptakan SDM-SDM berkualitas dan siap pakai. "Mereka dilengkapi dengan tablet, dan data secara akurat akan terus diperbaruhi dan nantinya data yang ada akan terkonek ke pusat,"terangnya.
Saat ini data orang miskin di Karawang masih membingungkan. Perbedaan data dari Badan Pusat Statistik dan Pemkab Karawang, akhirnya menuai keraguan data faktual di lapangan. Dikatakan Rokhuyun, diharapkan kedepan data yang ada akan menjadi acuan dan menjadi data faktual dilapangan, dengan harapan bantuan orang miskin akan tepat sasaran. "Saat ini SDM sedang terus dibentuk," terangnya menjelaskan itu dilakukan sebagai upaya meminimalkan tingginya orang miskin di Karawang akibat sumber daya yang minim.
Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Karawang, Danilaga mengatakan, selama ini belum ada lembaga yang ditunjuk resmi sebagai pemegang data akurat, dan satu-satunya yang menjadi rujukan. Akibatnya, tidak ada data aktual jumlah orang miskin di Karawang. "Terkadang banyak kesalahan data saat terjadi keluhan, baik pelayanan rumah sakit atau terkait bantuan pemerintah," kata Danilaga.
Ditambahkan Danil, Dinsos akan menjadi lembaga yang memiliki fungsi pemilik data orang miskin di Karawang, dan diharapkan tahun 2017 sudah bisa berjalan. "Karawang ditunjuk oleh pemerintah pusat, sebagai kota percontohan untuk menerapkan data orang miskin yang faktual dan update, dengan dukungan SDM serta IT yang ada," ungkapnya.
Danilaga juga mengatakan, kedepan masyarakat bisa berperan aktif dalam penyusunan orang miskin di Karawang. Setelah dilakukan pendataan mulai dari desa, dan dibahas lalu disepakati oleh desa beserta unsur desa lainnya, data tersebut bisa diajukan ke kecamatan dan Dinas Sosial. "Jika ditemukan kekeliruan data, masyarakat bisa memberikan koreksi," jelasnya.
Kasi Pemberdayaan Dinsos Wendi Firmansyah mengatakan, data orang miskin akan melalui seleksi dan survei, yang langsung menerjunkan petugas Dinas Sosial untuk melihat langsung fakta lapangan. "Sehingga kemungkinan salah data, bisa diminimalisir karena memang melalui cek lapangan langsung," ujarnya. (dri)



Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template