Dicari! Ratu Jamu Gendong 2016 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dicari! Ratu Jamu Gendong 2016

Dicari! Ratu Jamu Gendong 2016

Written By Mang Raka on Kamis, 29 September 2016 | 15.00.00

-Rayakan 1 Abad Pengabdian Jamu Jago

PURWAKARTA, RAKA - Keluarga besar Jamu Jago menggelar audisi ratu jamu gendong dan jamu gendong teladan tahun 2016. Kali ini melibatkan peserta para penjual jamu yang ada di Kabupaten Purwakarta, Karawang dan Subang.
Menurut Ketua Panitia Kegiatan, Aris Raharjo, bumi nusantara merupakan anugerah Tuhan yang elok dan kaya akan flora dan fauna. Bahkan kondisi alamnya juga sangat menarik untuk dinikmati keindahannya. Kebudayaan yang dimiliki oleh suku dan bangsa sangat beraneka ragam.
Demikian juga seni perawatan kesehatan dan pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan alami, dalam masyarakat disebut dengan jamu. Jamu merupakan warisan budaya nenek moyang yang wajib dilestarikan dan dipertahankan, karena kebanggaan bangsa Indonesia. Sehingga dari generasi ke generasi ada kesinambungan, untuk tetap mencintai seni perawatan dan pengobatan alami, serta senantiasa menjaganya agar tidak diketahui oleh bangsa lain. "Tanggung jawab tersebut tetap dilaksanakan oleh keluarga besar Jamu Jago, dengan mengusahakan berbagai inovasi yang tidak meninggalkan tradisi nenek moyang, namun tetap diminati oleh generasi muda," ujar Aris di tempat audisi, Rumah Makan Boga Rasa, Cikopo, Purwakarta, kepada Radar Karawang, Rabu (28/9).
Dia menyampaikan, menjelang usia yang ke 100 tahun, Jamu Jago tetap mengabdi dan melayani masyarakat baik di Nusantara maupun manca negara dalam bidang kesehatan, dengan tetap menggunakan bahan-bahan alami sebagai sarana pemeliharaan kecantikan, menjaga kesehatan serta pengobatan. "Salah satu ujung tombak pemasaran produk-produk Jamu Jago dari masa k emasa adalah para penjual jamu gendong," tambahnya.
Menurutnya, mereka menggunakan strategi jemput bola dengan mendatangi konsumennya di berbagai tempat, dimana para penjual jamu gendong tersebut memasarkan dagangannya. "Selain menjadi ujung tombak, mereka (penjual jamu gendong), juga merupakan keluarga besar Jamu Jago," ucapnya.
Acara ini diselenggarakan untuk ketujuh kalinya sejak tahun 2008. Tujuannya memberikan pengetahuan dan pembinaan kepada jamu gendong, dengan menggandeng Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di wilayah masing-masing audisi. Agar mereka dapat bersenang-senang. Audisi ini juga merupakan ajang silaturahmi dan berkompetisi sesama penjual jamu gendong, dalam meraih predikat jamu gendong dan jamu gendong teladan yang merupakan kebanggaan mereka. "Kami berharap, industri jamu terus berkembang. Dan para jamu gendong juga melestarikan kebudayaan indonesia yang sudah ribuan tahun," ujarnya.
Adapun audisi tersebut meliputi, Jakarta, Serang, Bogor, Bekasi, Purwakarta, Karawang, Subang, Bandung, Garut, Cikampek, Cirebon, Semarang, Magelang, Solo, Yogyakarta, Surabaya. "Audisi diselenggarakan mulai tanggal 28 September sampai tanggal 23 Oktober 2016. Bagi para pemenang audisi di masing-masing wilayah, akan diikutkan final pemilihan ratu jamu gendong dan jamu gendong teladan tahun 2016," jelasnya.
Dalam audisi tersebut dihadirkan juga ratu jamu gendong tahun 2015, yaitu Citra Wahidahtul yang berasal dari Purworejo. Untuk tahun lalu finalnya diselenggarakan di Borobudur Yogyakarta.(zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template