Cegah Banjir, Dengklok Kekurangan Pohon - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cegah Banjir, Dengklok Kekurangan Pohon

Cegah Banjir, Dengklok Kekurangan Pohon

Written By Mang Raka on Senin, 19 September 2016 | 13.00.00

RENGASDENGKLOK,RAKA - Semakin berkurangan daerah resapan air yang diakibatkan minimnya pepohonan dituding menjadi penyebab banjir melanda. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat akan arti penting penghijauan harus kembali digalakkan untuk mencegah bertambahnya lahan kritis khususnya di daerah-daerah rawan banjir.
Hal itu diutarakan Dedi Junaedi, Kepala Desa Rengasdengklok Utara kepada Radar Karawang. Ia meminta warganya memperhatikan kondisi lingkungan di wilayah masing-masing terutama di musim penghujan. "Bisa dilihat sendiri saat ini rata-rata daerah aliran sungai sudah demikian rusak. Sehingga debit air yang terlalu banyak tidak mungkin bisa ditahan kecuali dengan upaya penanganan sementara saja," kata dia.
Belum lagi, mayoritas banjir disebabkan tumpukan sampah yang menggunung dan terbawa arus sungai hingga menyumbat dan meluap. "Saya juga mengajak agar masyarakat Jangan buang sampah sembarangan, rajin bersihkan sampah diselokan agar tidak menyumbat air," tambah kades tersebut.
Penghijauan juga sangat diperlukan untuk menyerap air agar tidak semua turun ke hilir. "Makanya, penanaman pohon juga harus dijadikan kebutuhan di masa depan. Jika kesadaran akan kebersihan dan kelestarian lingkungan sudah disadari benar, Dengan demikian, kami berharap agar lingkungannya makin bersih, sehat dan nyaman. Dan menjadi sekolah terbaik termasuk kebersihan dan lingkungannya," kata dia.
Rengasdengklok sebagai wilayah yang mudah tergenang banjir berkepentingan menjaga lingkungan. "Kita harus menempatkan kelestarian lingkungan ini sebagai prioritas. Karena kalau sampai lingkungan rusak, bahayanya sangat nyata. Apalagi Dengklok berbatasan dengan Citarum yang mudah meluap," kata kades. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template