BUMDes di Jatisari Bangun Minimarket - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BUMDes di Jatisari Bangun Minimarket

BUMDes di Jatisari Bangun Minimarket

Written By Mang Raka on Selasa, 13 September 2016 | 13.00.00

JATISARI, RAKA - Kecamatan Jatisari akan membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan di Kecamatan Jatisari, terutama para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).
"Bumdes bersama baru ada di Kabupaten Bandung Barat dan Garut. Insya Allah di Kecamatan Jatisari didirikan usaha Desa S’Mart," ujar Direktur BUMDes Balonggandu, Anang Sunarya kepada Radar Karawang belum lama ini.
Menurut Anang, Bumdes Bersama bisa mengoptimalkan aset desa. Sehingga bisa lebih bermanfaat lagi dan lebih memberikan efek positif untuk perekonomian masyarakat. "Tujuan pokok utama pendirian Bumdes Bersama di Kecamatan Jatisari, untuk melindungi masyarakat dari mata rantai perdagangan yang tidak sehat, dan tidak berpihak pada masyarakat," ujarnya.
Sedangkan langkah awal pendirian Bumdes Bersama di Kecamatan Jatisari, diperlukan infrastruktur fisik bangunan untuk membangun tempat usaha. Dari 14 Bumdes di Kecamatan Jatisari akan memberikan modal patungan sebesar Rp 10 juta. Sehingga modal awal yang akan terkumpul untuk pendirian sarana usaha bersama sebesar Rp 140 juta. "Kami para pengurus Bumdes sudah sepakat membangun tempat usaha bersama dengan nama Desa S’Mart. Kita akan mencontoh kepada Bandung Barat dan Garut, yang sudah berhasil terlebih dahulu," paparnya.
Dia juga menjelaskan, di setiap desa di Kecamatan Jatisari, banyak produk unggulan yang harus dipasarkan. Dengan adanya Bumdesa Bersama yang akan dikelola secara profesional, maka tidak menutup kemungkinan keberhasilan BUMDes bersama akan terlihat. "Potensi di setiap desa itu banyak, seperti hasil budi daya jamur merang yang dibuat kemasan. Hasil palawaija dan beras yang berkualitas. Yang nantinya akan dikemas seperti layaknya produk di mini market," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Desa Cikalongsari Endang Sugiarto menyampaikan, didirikan BUMDes bersama akan menambah kekuatan ekonomi di kawasan pedesaan. Sehingga masyarakat desa akan belanja kebutuhan sehari-harinya di mini market, yang didirikan BUMDes bersama. (zie)



Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template