Bulan Haji, Bulan Nikah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bulan Haji, Bulan Nikah

Bulan Haji, Bulan Nikah

Written By Mang Raka on Senin, 19 September 2016 | 14.00.00

JATISARI, RAKA - Angka pernikahan setiap bulan dzulhijjah selalu meningkat, seperti yang terjadi di Desa Balonggandu, Kecamatan Jatisaari. Hal itu karena masyarakat meyakini jika menikah pada bulan dzulhijjah, akan mendapat kelanggengan dalam berumah tangga, dan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmah.
"Bulan haji dijadikan sebagai tahun kebaikan bagi yang baru melaksanakan pernikahan," ujar ustad Nanang (45), amil Desa Balonggandu.
Menurut Nanang, kebiasaan masyarakat saat memasuki bulan dzulhijjah atau sering disebut bulan haji, pada umumnya selalu menggelar acara pernikahan. "Bahkan termasuk janda dan duda," ujarnya.
Ia melanjutkan, setiap bulan haji di Desa Balonggandu selalu ada pernikahan lebih dari 10 pasangan. Meski begitu, angka perceraian tidak bisa dihindarkan. "Hampir setiap bulan ada saja 1 orang yang cerai. Persoalan utamanya adalah masalah ekonomi," ujarnya.
Senada disampaikan tokoh masyarakat Desa Balonggandu, Sirojudin (42), perceraian yang terjadi dipicu oleh faktor ekonomi. "Intinya, kedua pasangan suami istri itu harus saling menerima dan memberi. Agar bangunan kebersamaan pasutri tetap bertahan, meski kesulitan ekonomi. Dan harus diniatkan ibadah," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template