Bojong Masuk Daerah Rawan Longsor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bojong Masuk Daerah Rawan Longsor

Bojong Masuk Daerah Rawan Longsor

Written By Mang Raka on Rabu, 21 September 2016 | 14.00.00

- Warga Diminta Jaga Lingkungan

PURWAKARTA, RAKA - Warga di Kecamatan Bojong, diminta getol melakukan pembersihan dreinase dan menanam pohon. Sebagai daerah yang termasuk dataran tinggi Purwakarta, warga didorong untuk rajin mengelola saluran air untuk terhindar dari bahaya banjir dan longsor.
Camat Kecamatan Bojong, Asep Surya mengaku, pihaknya sudah mengintruksikan agar warganya giat melakukan gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan rajin membersihkan irigasi yang tersumbat di sekitar jalan kepada masyarakat melalui perangkat desa yang ada di wilayahnya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena di beberapa titik jalan yang ada di desa mulai terlihat berlubang, karena adanya genangan air karena irigasi disekitar jalan tersebut tersumbat sehingga air hujan menutupi jalan. "Jika jalan terus menerus di genangi air hal tersebut bisa membuat jalan lebih cepat rusak, makanya irigasi di sekitar jalan tersebut harus kita bersihan," jelas Asep.
Tidak hanya itu, Asep juga meminta kepada masyarakat yang masih menggunakan kayu bakar untuk memasak, tidak menebang pohon sembarangan. Warga, kata dia, terlebih dahulu harus dampak dari penebangan pohon. Jika pohon ditebang bisa mengakibatkan longsor, jelas warga tidak boleh melakukan penebangan. "Jika warga menebang pohon satu, maka gantinya warga kembali harus menanam pohon yang baru minimal 10 pohon, karena ini sangat bermanfaat kedepannya," ujarnya.
Pihaknya menegaskan, selain melakukan pengawasan, aparat di masing-masing desa harus ikut serta melakukan kegiatan gotong royong membersihkan irigasi, serta menanam pohon. Ini kata dia, adalah kegiatan yang harus sering dilakukan, sebagai bentuk pencegahan dari bencana alam. Mengingat kondisi tanah yang ada di Kecamatan Bojong terbilang labil. Sehingga tingkat terjadinya kerusakan jalan hingga terjadinya longsor cukup tinggi. "Menjaga lingkungan harus kita galakan dari sekarang untuk mencegah terjadinya bencana dan ini kita lakukan demi anak cucu kita," pungkasnya. (awk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template