Berat Arya Turun 8 Kg - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Berat Arya Turun 8 Kg

Berat Arya Turun 8 Kg

Written By Mang Raka on Kamis, 29 September 2016 | 16.30.00

TEGALWARU, RAKA - Masih ingat Arya Permana (10), bocah penderita Obesitas dengan berat 140 kg. Sejak menjalani terapi pengobatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung berat siswa SD asal Kampung Pasir Pining, Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru itu turun 8 kg.

Penurunan berat Arya tidak terlepas dari peran keluarga yang membuat jadwal kegiatan kesehatan. Seperti komposisi makanan yang dikonsumsi dan olahraga, keseluruhannya dipantau secara langsung. Bukan saja dari keluarga tetapi juga pihak kesehatan Provinsi Jawabarat hingga Pusat kesehatan Kecamatan Tegalwaru dan Kabupaten Karawang. Bahkan hampir tiap minggu Arya melakukan proses olahraga renang yang dilakukannya di Kolam renang yang ada di wilayah Kecamatan Tegalwaru. Upaya itupun membuahkan hasil yang cukup signifikan. Hanya saja kendala besarnya kini pihak keluarga memiliki permasalahan dengan anggaran mobilitas untuk melakukan kunjungan pemeriksaan kesehatan Arya yang mesti dilakukan tiap dua minggu sekali di Rumah sakit Hasan Sadikin.
Ade Somantri (45), orang tua Arya, Rabu (28/9) menerangkan, kendala anggaran untuk mobilitas Arya ke Bandung cukup besar. Untuk sekali kunjungan mencapai Rp 1.500.000 - Rp 2.000.000 mesti dipegang. Terlebih dirinya tidak memiliki kendaraan pribadi sehingga terkadang harus menyewa kendaraan. Itu belum termasuk anggaran lainnya yang mesti dikeluarkan dari uang belanja bulanannya.
"Gaji saya Rp 3000.000 sebulan, untuk melakukan pemeriksaan saja dalam dua kali kunjungan uang gaji bulanan saya sudah habis untuk keperluan pemeriksaan. Bukan saya menampik rezeki, memang ada saja dari pemberian orang yang datang mengunjungi Arya tapi untuk makan sehari-hari saja sudah habis. Sedang untuk pemeriksaan kan tetap harus dilakukan," ungkapnya.
Kini pemeriksaan treatment makan dan olahraganya pun dipantau, tetapi itu pun kadang dari pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin pun ada yang datang mengunjungi dan melakukan pemeriksaan secara bergulir tiap dua bulan sekali. "Hari ini Arya tidak sekolah, karena ada yang hajatan saya khawatir takut jadi tontonan, makanya saya larang sekolah," paparnya, ketika ditanya soal sekolah Arya.
Aktivitas sekolah membuat siswa kelas 2 SD itu banyak bergerak hingga ada perubahan ke berat badannya. Kini makan pun diatur serta hampir setiap hari melakukan olahraga ringan agar beban berat berubah dan aktivitas nya makin lincah. "Alhamdulilah pakaian yang sekarang dikenakan oleh Arya pun banyak yang kasih dan tidak lagi banyak telanjang badan kalau tengah bermain," ungkapnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template