Banyak Perusahaan tak Urus Domisili - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Banyak Perusahaan tak Urus Domisili

Banyak Perusahaan tak Urus Domisili

Written By Mang Raka on Rabu, 07 September 2016 | 12.00.00

Sejumlah kepala desa di Karawang  mengeluhkan sikap sejumlah perusahaan yang berada di wilayahnya yang tidak mengurus izin domisili desa. Manajemen perusahaan rata-rata berdalih jika soal izin domisili desa telah diurus oleh pihak kawasan industri yang membangun infrastruktur pabrik.
Kepala Desa Wadas. Kecamatan Telukjambe Timur Junaedi misalnya. Ia menyebutkan, dari sekitar 16 perusahaan yang berada di desanya, hanya 3 perusahaan yang mengurus domisili. Selebihnya tidak mengurusnya.
Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Desa Sukaluyu, Ayum. Bahkan di desanya, kata dia, dari 70 perusahaan yang berada di desanya, baru 12 perusahaan yang mengurus domisili.
Dia berharap, perusahaan mengikuti peraturan yang ada yakni perusahaan harus memiliki domisili di desa setempat. "Berdasarkan peraturan, pihak desa lah yang berwenang mengeluarkan domisili, bukan kawasan industri," kata Ayum
Menanggapi hal tersebut,Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari, meminta perusahaan segera membuat domisili desa setempat. "Perusahaan harus membuat domisili desa setempat," katanya.
Hanya saja, pria yang akrab disapa Jimmy itu, meminta pihak desa mengelola manajerial perangkat desa. "Jangan sampai nanti sekdes offside sudah mengeluarkan tanda tangan, tanpa sepengetahuan kepala desa," ucapnya.
Hal tersebut ditenggarai sebagai awal industri tidak memberikan dampak riil terhadap Karawang, khususnya warga sekitar.
Hal ini diakui Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dede Yusuf. Menurutnya, selama ini hadirnya sektor industri belum memberikan dampak pembangunan kepada warga di daerah. Sebab, saat ini perusahaan membayar pajak ke pemerintah pusat. "Baru kemudian bagi hasilnya dibagikan ke daerah. Sehingga, untuk jumlah CSR yang harus dikeluarkan perusahaanpun tidak diketahui secara pasti," katanya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template