Banyak Kepala Sekolah Gaptek - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Banyak Kepala Sekolah Gaptek

Banyak Kepala Sekolah Gaptek

Written By Mang Raka on Jumat, 30 September 2016 | 16.00.00

-Nilai UKG Kalah Sama Honorer

TELAGASARI, RAKA - Ratusan guru baik PNS maupun honorer di Karawang kembali ikuti kegiatan tahunan Uji Kompetensi Guru (UKG) 2 minggu terakhir. Kegiatan yang dipusatkan di Pusat Pengembangan Penataran Tenaga Kependidikan (P4TK) itu, dianggap sebagai agenda tahunan yang tak punya sistem reward saat bagus dan punishment saat jeblok.
Dikatakan Kepala UPTD PAUD/SD Kecamatan Telagasari, Drs H Kalam Sukamwijaya,
Kegiatan UKG yang diujikan secara komputerisasi bagi para guru ini sebatas penyamaan tugas dan standar saja, sehingga hasil nilai baik dan buruknya, hanya menjadi koreksi dan evaluasi bagi yang mempunyai kebijakan yaitu pemerintah. Di Telagasari sendiri, ada 40 guru yang dikirim mengikuti UKG, selebihnya nanti dibiayai APBD, karena dari hasil UKG akan dibagi dalam 3 kelompok, antara yang baik nilainya, nilai sedang maupun rendah untuk kemudian berperan di kecamatan masing-masing.
Sayangnya, sebut Kalam, hasil UKG ini kurang mendapat perhatian serius bagi para guru, karena tidak adanya reward bagi guru yang mengantongi nilai terbaik atau sanksi bagi guru yang nilainya jelek. Sebab, jika hasil nilai UKG baik dan buruk datar-datar saja, guru yang mengikuti UKG juga menganggap ujian tersebut hal biasa dan tidak khawatirkan. "Coba kalau diberlakukan reward dan sanksi, mungkin UKG ini bisa lebih serius diikuti para guru karena ada dampaknya," tukas dia.
Di Telagasari sendiri sebut Kalam, ada yang nilai tinggi, ada pula yang kepala 2. Bahkan, yang ia sesalkan, kadang-kadang kepala sekolah sendiri nilainya juga jeblok dibawah para guru yang muda-muda. Bahkan dengan status honorer sekalipun. Karenanya, ia berharap UKG tidak lagi dijadikan momen tahunan yang dianggap biasa-biasa saja. Ia meminta agar para guru menyiapkan modul yang disediakan via internet, pelajari dan download sendiri. Kadang-kadang juga tambah Kalam, guru yang nilai-nilainya jeblok itu karena faktor gagap teknologi (gaptek) dan berusia sepuh. "Ya hasil UKG ini kadang kala kepala sekolah rata-rata jeblok dibawah guru yang muda-muda, faktornya ya Gaptek itu, padahal sudah senior," ujarnya. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template