Awasi Distribusi Air Sawah di Jatisari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Awasi Distribusi Air Sawah di Jatisari

Awasi Distribusi Air Sawah di Jatisari

Written By Mang Raka on Jumat, 09 September 2016 | 15.00.00

JATISARI, RAKA - Petani Desa Kalijati, Kecamatan Jatisari, mulai membajak sawahnya dengan menggunakan traktor. Hal itu dilakukan untuk merealisasikan program pemerintah terkait percepatan pola tanam.
Kepala Desa Kalijati Deni Supriatna menyampaikan, hasil pertemuan para kelompok tani yang tergabung pada Gapoktan Sri Tani. Para petani di wilayah desanya sudah sepakat turun ke sawah pada awal bulan September ini. Bahkan musyawarah tersebut diikuti juga oleh UPTD Pertanian serta Danramil 0407 Jatisari. "Sebelumnya para kelompok tani mengadakan rembuk tani, yang memang sengaja kami fasilitasi," ujar Deni kepada Radar Karawang, Kamis (8/9).
Ketua Gapoktan Sri Tani H Imron menyampaikan, para petani di Kalijati sudah sepakat turun ke sawah pada awal bulan September ini, terbukti mereka sekarang sudah mulai menggarap tanah pertaniannya masing–masing. "Para petani sudah mulai turun ke sawah sejak beberapa hari lalu, mayoritas para petani akan menanam varietas Ciherang dan varietas Mekongga. Mungkin ada juga yang menanam varietas pandan wangi," ujarnya.
Dia berharap pengairan bisa mendukung program percepatan pola tanam, dengan mendistribusikan air sesuai dengan kebutuhan para petani.
"Semoga hasilnya bagus, dan bisa memenuhi target yang ditentukan pemerintah," ujarnya.
Danramil 0407 Jatisari Kapten Infantri Kusnen, menyampaikan keberhasilan pertanian harus ditunjang dengan kebutuhan air dan pupuk. Dia meminta kepada pengairan agar mendistribusikan air sesuai kebutuhan para petani. Dia juga menghimbau agar para petani lebih waspada terhadap pengendalian hama tanaman, sehingga tanaman bisa dipanen dengan hasil yang memuaskan. "Kami dari jajaran TNI, selaku pendamping pertanian, meminta kepada pihak pengairan agar mengawasi pendistribusian air untuk kebutuhan peranian," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template