Alfamart Latih Pelaku UMKM - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Alfamart Latih Pelaku UMKM

Alfamart Latih Pelaku UMKM

Written By Mang Raka on Kamis, 22 September 2016 | 17.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Alfamart kembali menggelar pelatihan manajemen ritel modern bersama 30 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau para pedagang ritel tradisional yang berada di sekitar gerai Alfamart. Kali ini, pelatihan digelar di aula Kantor Kecamatan Pasawahan, Rabu (21/9).
Regional Corporate Communication Manager Alfamart, Arif Nursandi menuturkan, pelatihan yang melibatkan para pelaku UMKM ini, digelar secara rutin di setiap kota yang memiliki jaringan toko Alfamart. "Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pengelolaan bisnis ritel dengan pendekatan modern, seperti yang diterapkan dalam usaha ritel minimarket," terangnya.
Menurut Andy, meskipun materi yang diberikan adalah pengelolaan bisnis ritel modern, namun dikemas dengan sederhana, agar dapat diterapkan oleh peserta. "Lazimnya peritel tradisional menerapkan manajemen yang seadanya, dan tak sedikit yang tidak berkembang, bahkan mengalami kerugian. Melalui pelatihan ini, kami berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam pengelolaan bisnis ritel agar dapat membantu para pedagang berkembang," tambahnya.
Para peserta pelatihan tampak antusias mendengarkan pengarahan dari Alfamart. Materi yang disampaikan, antara lain terkait manajemen penataan barang, pengaturan stok barang, manajemen keuangan (cash flow), tips mengamati tren pasar terkait produk yang sedang diminati, serta pelayanan. Warman (44 th), salah satu peserta mengatakan, dirinya mendapatkan banyak manfaat dari pelatihan tersebut. Sejak 5 tahun yang lalu, Warman telah menjalankan usaha warung miliknya. Dalam menjalankan usahanya ini, dirinya sempat mengalami kejenuhan. "Usaha warung saya kelola bersama keluarga, tak jarang suka jenuh, kami butuh penyegaran. Saya bersyukur bisa ikut pelatihan ritel karena dapat ilmu dan pencerahan, juga bertemu dengan rekan pedagang lainnya. Ilmu ini saya terapkan sedikit demi sedikit," ujarnya.
Pelatihan pedagang ini, merupakan bentuk dukungan Alfamart kepada ritel tradisional. Bentuk sinergi yang dilakukan Alfamart dengan peritel tradisional yakni melalui program Outlet Binaan Alfamart (OBA). Selain dibekali dengan pelatihan manajemen ritel, pedagang diberikan fasilitas pesan antar barang dagangan dengan harga khusus bagi member OBA.
Selain itu, juga ada bedah warung yang dijalankan bagi member terpilih. Alfamart akan mempercantik tampilan fisik warung tradisional, baik dari sisi tampilan luar maupun display barang agar pembeli semakin nyaman ketika berbelanja. Hal ini sejalan dengan visi perusahaan, yakni menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pedagang kecil. "Pedagang ritel tradisional perlu dibekali dengan ilmu manajemen ritel modern agar memiliki daya saing," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template