72 Penyuluh Pertanian Dipastikan Gagal CPNS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 72 Penyuluh Pertanian Dipastikan Gagal CPNS

72 Penyuluh Pertanian Dipastikan Gagal CPNS

Written By Mang Raka on Rabu, 07 September 2016 | 19.28.00

KARAWANG, RAKA - Kabar gembira bagi penyuluh pertanian tenaga harian lepas (THL) di Kabupaten Karawang. Pasalnya berdasarkan kebijakan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian, akan memberikan kesempatan bagi penyuluhan pertanian untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).
Kebijakan ini berlaku bagi penyuluh yang sukses menjalankan program peningkatan pangan nasional, sebagaimana target dari Presiden Jokowi. Untuk wilayah Karawang setidaknya memiliki 97 THL. Kabid Pengadaan dan Data Pegawai Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Karawang Taofik Maulana yang menghadiri sosialisasi pengangkatan CPNS penyuluh pertanian, mengatakan dari 97 penyuluh 25 diantaranya berpeluang. "Untuk jadi CPNS dari penyuluh pertanian minimal harus berusia 35 tahun, untuk Karawang hanya 25 orang saja yang memenuhi persyaratan. Sedangkan yang sisanya tidak bisa," Ujar Taofik kepada Radar Karawang, Selasa (6/9).
Lebih lanjut kata Taofik, tak hanya Kementerian Pertanian yang melakukan pengangkatan, tapi Kementerian Kesehatan juga saat ini tinggal menunggu pengumuman yang dikhususkan bagi pegawai tidak tetap. "Pengangkatan CPNS saat memang semuanya merupakan ranah pusat, seperti bidan PTT dan saat ini penyuluh pertanian. Dan BKD Karawang hanya menjadi fasilitator," terangnya.
Ditambah Taofik, masalah pengangkatan CPNS menjadi PNS itu urusan pusat. Dan kabar BKD atau Pemerintah Kabupaten Karawang bisa meloloskan CPNS itu sudah pasti penipuan. "Jadi bagi yang memang mengikuti tes atau seleksi jadi PNS, untuk tidak tergoda adanya iming-iming dari yang tidak bertanggung jawab. Karena terkait kelulusan menjadi PNS itu ranahnya pusat," tegas Taofik.
Sementara itu, sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian No:  117/KPTS/KP.100/2/2016 dan No. 392/KPTS/KP.100/6/2016, mulai tahun 2016 ini, secara bertahap Kementerian Pertanian akan mengangkat Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL TBPP) atau penyuluh pertanian kontrak menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).(dri)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template