70 Persen Warga Cibodas Petani Singkong - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 70 Persen Warga Cibodas Petani Singkong

70 Persen Warga Cibodas Petani Singkong

Written By Mang Raka on Kamis, 22 September 2016 | 16.30.00

- Hasil Olahan Perlu Dikembangkan

SUKATANI,RAKA - Singkong alias roti sumbu dan semua hasil olahannya. Sudah lama menjadi andalan perekonomian untuk menunjang penghidupan ribuan warga di Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani.
"70 persen dari 4.053 warga Desa Cibodas, bermata pencaharian sebagai petani singkong," terang Sekdes Cibodas, Endan Rosidan, kepada Radar Karawang, Rabu (21/9).
Untuk itu, Pemerintah Desa Cibodas akan terus berupaya mencari terobosan dan ide untuk lebih meningkatkan lagi varian hasil dari olahan tanaman singkong. "Kita akan berupaya meningkatkan usaha kecil yang ada disini melalui program industri rumahan seperti pengembangan hasil olahan tanaman singkong," kata Endan, didampingi Kades Cibodas, Cep Supriatna.
Pemerintahan Desa Cibodas juga akan berupaya akan menjadikan wilayahnya sebagai sentra pengolahan singkong, guna memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat. "Diantarnya kita datangkan penyuluh pertanian berikut para ahli dibidang perdagangan, maupun ahli dibidang pengolahan singkong," tambah kades.
Cep Supriatna menambahkan, selain peran serta warga dan jajaran pemerintahan desa. Peran serta pemerintah kabupaten juga diharap bisa lebih maksimal dalam membina dan mengarahkan para petani singkong agar bisa lebih berkembang lagi. "Terutama dalam hal pemasaran dan pendistribusian, baik bahan baku singkong, maupun hasil olahannya," ujarnya.
Lebih jauh, kades mengatakan, saat ini saja permintaan singkong dari luar daerah sangat banyak. "Hampir satu minggu sekali warga disini kirim sekitar satu ton ke daerah Karawang dan kabupaten lain. Nah kenapa kita gak olah singkong itu agar lebih bervareatif," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template