30 Kepala DTA Diperiksa Berjamaah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 30 Kepala DTA Diperiksa Berjamaah

30 Kepala DTA Diperiksa Berjamaah

Written By Mang Raka on Jumat, 16 September 2016 | 18.50.00

-Kejaksaan Terus Dalami Dugaan Korupsi Dana BOP

KARAWANG, RAKA - Menuntaskan penyelidikan dugaan korupsi dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) di Kementerian Agama Karawang, penyidik Kejaksaan Negeri Karawang memeriksa 30 kepala Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) secara serentak, mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB di aula kantor kejaksaan, Kamis (15/9) kemarin.
Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Karawang Titin Herawati mengatakan, materi pemeriksaan masih seputar proposal pengajuan bantuan dana BOP, termasuk pertanggungjawaban penggunaan uang yang diterima. Karena berdasarkan hasil pemeriksaan, besaran dana BOP yang diterima pihak sekolah bervariasi antara Rp 3 juta hingga Rp 20 juta. "Jumlah yang diterima pihak sekolah tidak sama, karena  tergantung dari proposal pengajuan dan berdasarkan kebutuhan sekolah," katanya.
Saat ini, lanjut Titin, ada sekitar 800 sekolah DTA yang menerima bantuan dana BOP dari Kementerian Agama. Penyidik kejaksaan berencana akan memanggil seluruh kepala DTA untuk dimintai keterangan selanjutnya, karena pemeriksaan tidak bisa menggunakan metode sampling. Tidak hanya itu, kejaksaan juga melibatkan penyidik dari bidang lain untuk membantu memeriksa. "Rencananya seperti sekarang ini, kita panggil 30 kepala sekolah dan diperiksa secara maraton hingga semua kepala sekolah kita mintai keterangan," jelasnya.
Sedangkan materi pemeriksaan hanya seputar mekanisme penyaluran BOP kepada setiap DTA, dan bagaimana bentuk pertanggungjawaban sekolah terhadap penggunaan dana tersebut. "Kita belum bisa menyimpulkan apakah ada atau tidaknya perbuatan melanggar hukum, dalam penyaluran dana BOP ini," katanya. (ops)

Dana Bantuan Operasional Pendidikan
Tahun 2014
Rp 2,5 miliar
Penerima Bantuan
824 Diniyah Takmiliyah Awaliyah
Rincian
Rata-rata setiap DTA menerima Rp 2 juta sampai RP 4 juta
Total Siswa
70 ribu orang
Sekolah yang Gagal Terima Bantuan
32 DTA

*) sumber Kemenag Karawang


Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template