Warga Minta Layanan Mobil KIR Keliling Seminggu Sekali - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Minta Layanan Mobil KIR Keliling Seminggu Sekali

Warga Minta Layanan Mobil KIR Keliling Seminggu Sekali

Written By Mang Raka on Rabu, 10 Agustus 2016 | 14.00.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Jauhnya keberadaan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika membuat pemilik kendaraan angkut mengeluh. Mereka kesulitan bila hendak melakukan uji KIR. Mobil pengujian yang biasanya berada di Dengklok pun diminta sering-sering mangkal karena dirasa sangat membantu masyarakat.
Aman Sanjaya pemilik kol buntung meminta Dishub sering menugaskan armada pengujuan berkeliling wilayah yang jauh. "Sebab kalau harus ke Cikampek waduh jauh banget kita. Syukur-syukur bisa tiap hari mangkal di Dengklok. Kalau enggak ya tiap minggu juga gak apa-apa," pinta dia.
Sebagaimana diketahui biasanya puluhan pengendara kendaraan memenuhi pengujian kendaraan bermotor di halaman terminal Rengasdengklok. Pengujian kendaraan bermotor keliling ini merupakan salah satu program UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub).
Suherdi, Koordinator Pengujian Kendaraan Bermotor mengungkapkan kegiatan PKB keliling itu adalah salah satu program Dishub untuk menguji kendaraan layak jalan. Kantor Dishub yang jauh di Cikampek membuat institusi itu langsung menjemput bola ke wilayah Rengasdengklok. Sehingga warga, tak perlu jauh-jauh harus ke Cikampek. "Program KIR keliling ini agar bisa membantu masyarakat saja," ungkapnya. Program pengujian sendiri dilakukan setiap satu bulan sekali. " Kami hanya menjalankan program saja," katanya singkat.
Dalam sehari, jumlah kendaraan yang diuji mencapai 77. "Dalam sehari saja itu mencapai 77 kendaraan," ungkapnya.
Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR) memang dilakukan terhadap kendaraan bermotor kendaraan penumpang umum, mobil bis, mobil barang kendaraan khusus, kereta gandengan dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan umum. Langkah ini merupakan persyaratan teknis dan laik jalan bagi sebuah kendaraan bermotor. Atau menjadi bagian untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu-lintas. Pemeriksaan teknis ini dilakukan oleh para PNS (D3) yang sudah memiliki kualifikasi sebagai penguji kendaraan bermotor dan dilakukan secara langsung terhadap 14 komponen kendaraan, diantaranya rem, kincup roda, lampu emisi. Selesai pemeriksaan terhadap kendaraan lulus uji dipasang stiker yang isinya berbagai pembatasan yang tidak boleh dilanggar dan batas waktu habisnya masa kir. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template