Warga Jatiragas Dilarang Berburu Musang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Jatiragas Dilarang Berburu Musang

Warga Jatiragas Dilarang Berburu Musang

Written By Mang Raka on Jumat, 05 Agustus 2016 | 14.30.00

JATISARI, RAKA - Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Jatisari Targono menyesalkan maraknya warga Desa Jatiragas, Kecamatan Jatisari, yang berburu musang di pematang sawah menggunakan senapan angin. Padahal keberadaan musang di pematang sawah, itu sangat membantu para petani untuk membasmi hama tikus dan ular.
"Saya harap warga di Desa Jatiragas tidak memburu musang yang berada di pematang sawah. Karena keberadaan binatang musang itu sangat membantu para petani setempat, untuk membasmi hama tikus termasuk ular," ujar Kepala UPTD Pertanian Jatisari Targono, Kamis (4/8).
Dia menyampaikan, info tersebut berdasarkan laporan para kelompok tani di Desa Jatiragas. Padahal keberadaan binatang musang itu sangat membantu para petani. "Karena seekor musang setiap harinya bisa memakan tikus 5 sampai 7 ekor tikus," ujarnya.
Pemerintah Desa Jatiragas diharapkan berperan aktif untuk melarang warganya, memburu musang di pematang sawah menggunakan senapan agin. Selain membahayakan orang lain, senapan angin itu tidak boleh dipergunakan sembarangan orang. "Khawatir anak-anak kecil ikut menggunakan senapan angin. Ini sangat berbahaya jika dibiarkan setiap warga memilik senapan angin. Meskipun hanya untuk menyalurkan hobi berburu binatang liar," ujarnya
Lebih lanjut Targono menjelaskan, musang kategori binatang langka yang harus dilindungi. Karena keberadaanya sudah langka, baik di hutan lindung maupun hutan masyarakat. Dirinya meminta kepolisian turun mendata warga yang mempunyai senapan angin. "Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan perlu pendataan para pemilik senapan angin. Sehingga jumlah pemilik senapan angin diketahui berapa jumlahnya," ujarnya.
Sementara anggota Koramil Jatisari, Kopda Tamrudin menyesalkan maraknya warga Desa Jatiragas berburu musang menggunakan senjata senapan Angin. Karena tidak semua warga mahir menggunakan senapan angin. Apalagi dipakai memburu musang di pematang sawah. Dikhawatirkan salah sasaran, akhirnya akan menimbulkan korban. "Namanya di pematang sawah dipastikan ada saja para petani. Saya khawatir salah sasaran tembak. Tujuan memburu binatang musang tapi bisa kena orang," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template