Warga Harus Paham Desa Siaga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Harus Paham Desa Siaga

Warga Harus Paham Desa Siaga

Written By Mang Raka on Kamis, 04 Agustus 2016 | 14.00.00

CIKAMPEK, RAKA - Kepala Puskesmas Cikampek Dr H Deddy Ferry Rachmat MKM mengadakan pembinaan terhadap tim penggerak PKK Kecamatan Cikampek akan pentingnya memahami desa siaga. Pasalnya dengan mengaktifkan desa siaga, maka bisa meningkatkan kesehatan masyarakat. "Desa siaga lahir sebagai respon pemerintah terhadap masalah kesehatan di Indonesia yang tidak kunjung usai. Seperti tingginya angka kematian ibu dan bayi, munculnya kembali berbagai penyakit lama seperti tuberkulosis paru," ujar Dr, Ferry dilingkungan kantor Camat Cikampek, Rabu (3/8).
Dia menyampaikan, merebaknya berbagai penyakit baru yang bersifat pandemik seperti SARS, HIV/AIDS dan flu burung. Serta belum hilangnya penyakit endemis seperti diare dan demam berdarah merupakan masalah utama kesehatan di Indonesia.
Bencana alam yang sering menimpa bangsa Indonesia seperti gunung meletus, tsunami, gempa bumi, banjir, tanah longsor dan kecelakaan massal menambah kompleksitas masalah kesehatan di Indonesia. "Desa siaga merupakan salah satu bentuk reorientasi pelayanan kesehatan dari sebelumnya bersifat sentralistik dan top down menjadi lebih partisipatif dan bottom up. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 564/MENKES/SK/VI II/2006, tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Desa siaga," katanya.
Lebih lanjut dia menjelaskan, desa siaga merupakan desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri. Oleh karenanya semua lapisan masyarakat harus selalu siap siaga dalam menghadapi berbagai macam bencana yang sering muncul ditengah masyarakat. "Desa siaga adalah suatu konsep peran serta dan pemberdayaan masyarakat di tingkat desa, disertai dengan pengembangan kesiagaan dan kesiapan masyarakat untuk memelihara kesehatannya secara mandiri," jelasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template