Warga Cintalanggeng Dilatih Tanggap Bencana - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Cintalanggeng Dilatih Tanggap Bencana

Warga Cintalanggeng Dilatih Tanggap Bencana

Written By Mang Raka on Rabu, 03 Agustus 2016 | 12.00.00

TEGALWARU,RAKA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, memberi sosialisasi kepada aparatur desa Cintalanggeng melalui program sadar bencana. Melalui program itu diharapkan dapat  membentuk masyarakat tanggap bencana di wilayah rawan bencana.

Sosialisasi dipimpin langsung Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Uci Sanusi, dihadiri Sekretaris Kecamatan Tegalwaru, Udin Samsudin. Kegiatan disaksikan langsung Kades Cintalanggeng, Emuh, dilaksanakan di Aula Desa Cintalanggeng dan melibatkan linmas serta perangkat desa setempat.
Pelaksanaan dilakukan dua hari berturut-turut dengan awal pertemuan pembekalan materi dan skema juga analisa perkembangan bencana. Dan hari ke dua praktek tanggap bencana dengan melibatkan semua unsur pemerintah desa dalam hal tanggap bencana yang di khawatirkan bisa saja mengintai wilayah desa nya masing-masing.
Disebutkan Sanusi, pelaksanaan sosialisasi pencegahan bencana perlu ditanggapi serius agar warga bisa mendapatkan informasi pencegahan dini yang bisa diantisipasi dengan baik melalui pengetahuan lebih yang saat ini tengah di berikan bagi kepada aparatur desa. "Sosialisasi diawali pengetahuan dan tata caranya dan  hari ke dua pelaksanaan praktek lapangannya agar tidak kaget ketika memang terjadi bencana," ucapnya, disela-sela berakhirnya kegiatan sosialisasi tersebut.
Sekretaris kecamatan Tegalwaru,Udin Samsudin pun menyampaikan, dirinya menyambut baik  kegiatan itu karena selain merupakan  pendidikan juga menambah pengetahuan lebih bagaimana pencegahan dini terhadap bencana alam. "Jika kendalinya sudah siap dan aparatur desa sudah menguasai maka ketika hal yang paling di khawatirkan terjadi mereka sudah siap, bahkan warga pun akan merasa nyaman ketika pencegahan yang di lakukan oleh aparatur desa bisa dilaksanakan dengan sigap dan terlatih. Walaupun hanya di laksanakan hanya dua hari akan tetapi di harapkan bisa diserap secara optimal," tandasnya.
Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Cintalanggeng, Karma (44), mengatakan pengetahuan pencegahan menghadapi bencana yang diberikan BPBD bisa dicernanya dengan baik. Dirinya mengakui malah bertambah lagi pengetahuan pencegahan terhadap bencana bertambah serta peran aparatur dalam tindakan menenangkan warga pun menjadi salah satu sarana yang perlu disikapi secara serius.
"Saya antusias mengikuti sosialisasi yang di laksanakan oleh BPBD dan pengetahuan pencegahan terhadap bencana pun bertambah yang sangat saya ikuti yaitu tindakan persuasif ketika bencana terjadi. Tapi saya berharap di desa kami jangan sampai terjadi. Mudah-mudahan kemungkinan kerentanan musibah bukan saja saat hujan dan badai saja. Bencana kekeringan pun kami harus sigap dalam memberikan pelayanan kepada warga," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template