Warga Cintalaksana Antisipasi Krisis Air - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Cintalaksana Antisipasi Krisis Air

Warga Cintalaksana Antisipasi Krisis Air

Written By ayah satria on Senin, 01 Agustus 2016 | 18.06.00

TEGALWARU,RAKA - Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Cintalaksana, melakukan antisipasi krisis air di wilayahnya. Upaya itu dilakukan dengan membersihkan pipa air yang langsung tersambung dengan bak-bak mandi warga.
Pembersihan yang dilakukan meliputi pemberian lubang pembuangan air dan melakukan regenerasi pipa serta melakukan perawatan berjangka lalu tehnis pelayanan pun dianggap sudah berjalan lancar. Juga perawatan hulu air pun menjadi prioritas perawatan intensif yang di kerjakan oleh Pengelola air bersih BumDes Cintalaksana.
Dijelaskan pengelola air bersih Bumdes Cintalaksana, Dwi Saptono (42), dirinya kini lebih konsentrasi kepada pemberian lubang pembuang air yang diduga bisa menahan laju air yang justru malah menghambat distribusi ke rumah-rumah warga. Kendati demikian, lanjutnya, saat ini sudah hampir 60 persen air bersih sudah dirasakan oleh warga Desa Cintalaksana. "Ini memang kegiatan regular hanya saja kita antisipasi memasuki kemarau saja. Khawatir pasokan air bermasalah dan kami pun membuat Otorisasi hulu agar daya beri air lebih baik maka kebersihan hulu pun kami optimalkan," jelasnya.
Hal senada pun dikatakan Coing (37) pelaksana pembersihan itu, pengawasan sedikit terbantu dengan adanya pembersihan jalur yang di lakukan pembersihan nya oleh alat berat Becho hingga jalur pipa bisa di pantau dengan lebih baik,Pantauan pipa ketika mengalami masalah maupun mengendalikan keamanan pipa lebih terjamin,Sebelumnya kondisi perawatan pipa cukup kesulitan karena kedalaman tanam cukup merepotkan.
"Saya meyakinkan para pengguna air bersih di Desa Cintalaksana akan merasa aman dalam hadapi kemarau saat ini karena Pengelola air bisa mengawasi secara intensif kendala tehnis bisa di lihat secara kasat mata lalu warga pun bisa sekalian sebagai pemantau keadaan suplly air ketika memang bermasalah, kecuali memang Debit air mengalami masalah yang ada di Hulu baru kita akan antisipasi dengan coba mengambil dari hulu air yang lainnya," harapnya.
Sementara di tempat terpisah, warga Kampung Babakan Ngantay, Desa Cintalaksana, Kiki (41), mengatakan ditribusi air saat ini tidak ada kendala intensitas nya stabil dan kualitas air pun aman dan bersih. Dan dirinya mengapresiasi kinerja BumDes Cintalaksana, khususnya pengelola air bisa kompak dalam memberikan pelayanan kepada warga. "Sejauh ini tidak ada masalah hanya saja ketika kemarau sebelumnya memang bukan saja di wilayah Desa Cintalaksana saja, akan tetapi hampir merata di semua desa yang ada di Kecamatan Tegalwaru mengalami kesulitan air dan saya harap jangan terulang kembali saat kemarau pada tahun sebelumnya," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template