Usulan Jalan Banten Solusi Macet Ahmad Yani Menguat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Usulan Jalan Banten Solusi Macet Ahmad Yani Menguat

Usulan Jalan Banten Solusi Macet Ahmad Yani Menguat

Written By Mang Raka on Kamis, 11 Agustus 2016 | 14.00.00

*Belum Jadi Bahasan DPRD

KARAWANG, RAKA - Usulan agar ada jalur alternatif melalui jalan di belakang Lapangan Karangpawitan mendapat tanggapan serius. Meski belum sampai ke meja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang, namun usulan tersebut dinilai salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan permanen di ruas sepanjang 500 meter perempatan lampu merah DPRD hingga lapangan Karangpawitan.

Pantauan RAKA, Rabu (10/8) di lokasi, kemacetan parah terjadi di sepanjang ruas tersebut, ketika bubaran anak sekolah. Kondisi itu terpicu dengan puluhan angkot yang mangkal dipinggir jalan lantaran menunggu penumpang. Gilanya lagi, angkot-angkot ini malah nyaris menutup seluruh badan jalan sehingga kendaraan lain dibelakangnya tidak bisa melintas. Sementara ratusan bahkan lebih anak sekolah berseliweran ditengah jalan berebut naik angkot.
sementara itu, puluhan kendaraan pribadi dan motor yang tersendat lantaran arus lalulintas macet total menambah semerawutnya lalulintas di jalan itu. Dan itu, belum termasuk ratusan motor yang keluar dari jalan di samping gedung BPJS Kesehatan. Sehingga lengkaplah suasana kacau balau di ruas jalan itu. Memang ada petugas, itupun tidak dapat berbuat apa-apa, saking semerawutnya lalulintas.
Sebetulnya, kalau niat ada, tidak harus ada petugas setiap hari di lokasi kemacetan. Tetapi cukup mengalihkan jalur lalulintasnya saja. Seperti diutarakan pemerhati lalulintas Dadi Sugara, Jalan Banten di belakang Karangpawitan bisa dioptimalkan sebagai jalur alternatif sebelum kembali ke Jalan Bypass Ahmad Yani lagi. "Perlu jalur alternatif mengatasi keruwetan lalulintas di Jalan Ahmad Yani. Dan, Jalan Banten bisa jadi solusi sebelum mencapai Jalan Bogor hingga keluar lewat depan Kodim dan kembali ke Jalan Ahmad Yani," ucap Dadi.
Hanya saja terang Dadi, itupun mesti dibarengi dengan menertibkan angkot-angkot yang ada. Artinya angkot-angkot itu tidak boleh mangkal dipinggir jalan menunggu penumpang anak sekolah. Tetapi lokasi tertentu yang bisa menanpung kendaraan itu, seperti di Jalan Jakarta misalnya. "Jalan Jakarta bisa jadi tempat mangkal angkot.
Kalau biasanya angkot cari penumpang sekarang dibalik penumpang yang cari angkot. Jika itu dilakukan optimis tidak ada macet akibat bubaran sekolah atau kantor di Jalan Bypass Ahmad Yani," optimis Dadi.
Sementara tokoh pemuda setempat yang juga menaruh perhatian besar terhadap persoalan kemacetan permanen di Jalan Bypass Ahmad Yani, Samsudin, sependapat. Pemda perlu membuka jalur alternatif untuk mengatasi kemacetan di ruas jalan itu. "Sangat setuju, kalau dalam mengurai kemacetan yang disebabkan oleh banyaknya angkot yang menunggu penumpamng pelajar, diadakannya rencana jalur alternatif oleh Pihak Dinas Perhubungan. Dan itu bisa dilakukan dari jalan-jalan tembus di belakang Karangpawitan," tandasnya.
Disamping itu, Samsudin, yang memang merupakan aktifis mahasiswa menuturkan, diadakannya jalur alternatif bagi angkutan yang mengangkut pelajar di wilayah Karawang Kota, mesti dilakukan secepatnya. Hal ini agar nantinya persoalan kemacetan yang terjadi di wilayah perkotaan tidak semakin parah. "Selain dilakukan jalur alternatif untuk mererai kemacetan di wilayah karawang perkotaan juga, mesti lebih diperbanyak lagi jalan penyeberangan, terutama untuk JPO bagi sekolah-sekolahnya yang ada dipinggir jalan raya," ucapnya.
Selain  itu, sambung dia, pembuatan jalur alternatif bisa dilakukan dengan memasuki perlintasan melalui belakang karangpawitan ke arah Tanjungpura, selain membuat jalur ke arah perlintasan pemda. "Harus dua jalur alternatif. Kalau bisa nantinya, untuk ke arah Tanjungpura satu, dan kearah pemda satu," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template