Upah Pemungut Sampah Sudah Tidak Layak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Upah Pemungut Sampah Sudah Tidak Layak

Upah Pemungut Sampah Sudah Tidak Layak

Written By Mang Raka on Selasa, 02 Agustus 2016 | 17.00.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Keberadaan petugas sampah sejatinya sangat vital untuk menjamin kebersihan, ketertiban dan keindahan. Sayangnya, dari mereka justru masih mendapatkan upah tidak layak. Bayangkan saja, sebulan mereka hanya dijatah Rp 300 ribu.
Casman Bin Sarim misalnya, ia sudah bertugas sebagai tukang buang sampah selama 20 tahun. Pekerjaan yang kian susah didapat kala itu, membuat dia terpaksa menjalani pekerjaan tukang sampah. Tujuannya sederhana, agar keluarganya tetap bertahan hidup. "Mau nggak mau pekerjaan ini saya lakukan, Alhamdulillah sudah dua puluh tahun saya bekerja sebagai tukang buang sampah, bisa menghidupi keluarga saya,” ujar kakek yang memiliki dua anak perempuan itu.
Dirinya menjelaskan bahwa upah yang didapatkan sebagai tukang sampah pun diakuinya sangat minim. Per bulan ia hanya dapat tiga ratus ribu dengan ritme kerja berkelilling sekolahan untuk mengangkut sampah anak-anak sekolah. Kondisi ekonomi keluarganya yang serba kekurangan membuat upah tidak bisa dijadikan pegangan untuk menutupi biaya hidup.” Saya akali dengan menjual barang rongsok yang saya dapatkan, per dua minggu bisa dapat 100 ribu rupiah," ungkap Casman.
Kendati demikian, dirinya mengaku bersyukur seraya berharap agar yang mempekerjakannya menaikan upah. "Sudah tak terhitung berapa kali ganti kepala sekolah, janjinya akan segera dinaikan upahnya namun sampai sekarang tak kunjung dinaikan juga. Saya berharap agar kehidupan saya dapat diperhatikan oleh pihak sekolah,” pungkasnya. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template