Underpass Tuparev Akan Dibangun - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Underpass Tuparev Akan Dibangun

Underpass Tuparev Akan Dibangun

Written By Mang Raka on Senin, 22 Agustus 2016 | 13.00.00

*DED dan Izin PT KAI Dalam Proses

KARAWANG, RAKA - Setelah underpass Gonggo yang rampung pengerjaan beberapa waktu lalu, kini Dinas Bina Marga dan Pengairan kembali merencanakan membangun underpass di bawah perlintasan kereta api Tuparev. Hal terpenting perlunya ada underpass disana adalah kemacetan permanen yang terjadi setiap kali melintas kereta api, yang terkadang macetnya mengular hingga di depan Mall Ramayana.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan, Acep Jamhuri, kemarin, tidak menyangkal rencana tersebut. Dia sendiri mengakui hampir setiap hari perlintasan kereta api di Tuparev menimbulkan kemacetan. Tak jarang kemacetan tersebut hingga menyebabkan antrean panjang, hingga mengakibat macet di bunderan Mega M atau bunderan Dewi Sartika, di depan Kantor Dinas Cipta Karya.  "Dituparev juga mau kita bikin underpass," ujar Acep Jamhuri.
Menyinggung soal Detail Engineering Design (DED) sebagai proses kajiannya, Acep mengaku saat ini detail engineering desigh (DED) dalam proses pembuatan disamping menunggu ijin dari PT KAI. Disamping itu, Acep menambahkan, rencana underpass yang di bawah perlintasan kereta api Tuparev juga selaras dengan rencana perbaikan sistem sarana dan prasarana perkeretaapian yang bekerjasama dengan Jepang. "Sekarang gini, pemerintah pusat sudah kerjasama dengan Jepang. Nanti kecepatan kereta bisa bertambah dari 80 KM/jam. Makanya daerah yang dilintasi jalur kereta itu harus diperhitungkan, jangan sampai menunggu jalannya kereta," katanya.
Sementara pembangunan underpass Tuparev sendiri, ditandaskan Acep akan direalisasi pada 2018 mendatang. Sambil menunggu itu, lanjut Acep, pemerintah daerah akan mencoba mengajukan bantuan kepemerintah pusat. "Mudah-mudahan tahun 2018 dibangun,"terangnya.
Masih terkait underpass, ditanya rencana underpass Pawarengan, Kecamatan Cikampek, tahun ini batal direalisasikan, Acep hanya mengatakan pemerintah sudah menyiapkan anggaran Rp 13 miliar untuk jembatan tersebut. "Tahun ini memang gagal direalisasi tetapi kita planingkan untuk direalisasikan tahun depan," tegas Acep.
Saat ini pihaknya masih dalam tahap proses perijinan ke PT KAI. Padahal awalnya, Acep menargetkan underpass yang berlokasi di Dawuan Cikampek ini akan realisasi tahun ini, namun gagal karena terkendala perijinan dari PT.KAI. Oleh karena itu, Acep menargetkan kembali underpass penghubung antar kecamatan ini akan realisasi 2017 mendatang. "Sekarang proses perijinan PT KAI belum keluar, agak susah," paparnya.
Selain akan dibangun underpass baru, nantinya ruas jalan juga akan mengalami pelebaran dan tinggi underpass ditambah. Sehingga kendaraan pembawa barang bisa melintas.  "Nanti dilebarin bisa sekitar 3 meter dan diusahakan colt diesel bisa melintasinya," terang Acep. (dri)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template