Tumbuhkan Semangat Gotong Royong - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tumbuhkan Semangat Gotong Royong

Tumbuhkan Semangat Gotong Royong

Written By Mang Raka on Sabtu, 20 Agustus 2016 | 14.00.00

GENERASI muda, memang menjadi ujung tombak berdirinya sebuah negara ataupun daerah dalam menjaga diberbagai persoalan. Mulai dari persoalan hukum, sosial bahkan pendidikan. Namun, dalam pemupukan sifat gotong royong mestinya dilakukan sejak dini. Sehingga kedepannya nilai-nilai kebersamaan itu sudah lebih tertanan di dalam diri pemuda.
Hal itu diungkapkan Sarya (27) tokoh pemuda di Karawang, kemarin, ketika dimintai komentarnya terhadap semangat gotong royong di kalangan pemuda yang kini mulai terkikis. “sifat gotong royong mesti harus ditanamkan dalam diri pemuda. Dengan bergotong royong, apapun yang menjadi persoalan diseputaran lingkungannya dapat dipecahkan, dengan bermusyawarah dan bergotong royong,” ujar Sarya.
Disinggung mengenai kondisi lingkungan saat ini, disaat pembangunan perumahaan dan kawasan industri yang semakin banyak, Sarya hanya mengatakan kepedulian terhadap lingkungan merupakan hal yang mesti dicanangkan. Menurut dia, kalau bentuk kesadaraan peduli terhadap lingkungan terus ditanamkan kepada pemuda, pastilah, akan terlihat kebersamaan serta kepedulian sesamanya akan terus tinggi.
Maka itu, lanjut dia, nantinya akan terlahir rasa ikatan persaudaraan yang kuat yang akan memperkokoh eksistensi pemuda terhadap lingkungan dan pembangunan diwilayahnya. “Sudah saatnya, pemuda harus peduli terhadap lingkungannya. Hal paling kecil yang bisa dilakukan adalah melalui kerja bakti di wilayah masing-masing," ucapnya, dan itu, terang Sarya, merupakan bentuk upaya terkecil untuk menumbuhkan sikap gotong royong dikalangan pemuda.
Selain itu, sambung dia, segala persoalan kalau terus dilakukan bersama, serta rasa kepercayaan terus ditingkatkan kepada sesamanya, maka sudah dipastikan pondasi negara akan kokoh. “Pasti kalau sesuatunya sudah bersatu padu, sebesar apapun angin, pasti tidak akan mampu menembusnya,” ucapnya.
Sementara dia berharap, dengan rasa gotong royong, dan kesadaran ditingkatkan dilingkungan pemuda dalam memajukan wilayahnya. Hal ini nantinya akan menjadi sebuah langkah awal menuju sebuah perubahan. “Kalau sudah memiliki jiwa kebersamaan hal-hal positif akan muncul dengan sendirinya," papar Sarya. (ian)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Apa tulus ente untuk gotong rotong apa lagi ente tatoan yg jelas yg mengatas namakan pemuda itu gotong royong dalam mencari jatah.moga ente not

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template