Tiga Siswa Baru Pecandu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Tiga Siswa Baru Pecandu

Tiga Siswa Baru Pecandu

Written By Mang Raka on Selasa, 02 Agustus 2016 | 12.00.00

-Tes Urine di 11 SMA-SMK

KARAWANG, RAKA - Tes urine terhadap siswa baru sudah digelar di 11 sekolah menengah tingkat atas. SMA dan SMK. Hasilnya, tiga orang dinyatakan positif sebagai pengguna narkoba. Bahkan satu diantaranya yang merupakan pecandu narkoba jenis ganja sudah direhabilitasi.
Ihwal tes urine ini diakui Kabid Pendidikan Menengah Disdikpora Karawang Nandang Mulyana, setiap siswa baru harus dilakukan tes urine, sebagai upaya dini melawan narkoba di lingkungan sekolah. "Setelah berjalan sekitar 11 sekolah, sudah ada yang dinyatakan positif narkoba. (Tes urine) ini sangat penting sebagai upaya sekolah dan orangtua membentuk generasi bebas narkoba," ungkapnya.
Namun demikian, meski sudah dinyatakan positif narkoba, pihak sekolah menjamin tidak akan mengeluarkan siswa yang bersangkutan. Melainkan hanya direhabilitasi dengan melibatkan orangtua siswa. "Yang positif hari ini sudah dilakukan rehabilitasi narkoba, dengan tetap tidak mengganggu sekolahnya," jelas Nandang kepada Radar Karawang.
Kepala BNNK Karawang AKBP M Julian mengakui, saat ini baru 11 sekolah setingkat SMA dan SMK di Karawang yang dilakukan tes urine. Hasilnya, ada 3 orang yang positif. Satu di antaranya sudah masuk tahap rehabilitasi. "Yang menjadi korban narkoba, dalam hal ini ganja, ternyata terbilang siswa pendiam. Jarang keluar rumah dan berada di lingkungan sekolah Islami. Tapi setelah ditelusuri siswa tersebut terbawa arus pergaulan teman-temannya," terangnya.
Dikatakannya, generasi muda saat ini menjadi bidikan penjahat narkoba. Dia berharap, tes urine ini sebagai pendeteksian dini memerangi peredaran narkoba di Karawang. "Untuk perang melawan narkoba, BNNK terus tanpa kompromi," tegasnya.
Dokter yang konsen menangani narkoba dari Rumah Sakit Islam Karawang dr Aviando Aditya Putra mengatakan, siswa pecandu narkoba jenis ganja tersebut selama tiga tahun sudah mengenal minuman keras. "Siswa yang positif narkoba ini, ternyata luput dari orang tua, yang memang secara pergaulan tidak terdeteksi orangtua kalau anaknya terjerumus pada narkoba," ungkapnya. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template