Tiga Pelajar Positif Konsumsi Narkoba - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tiga Pelajar Positif Konsumsi Narkoba

Tiga Pelajar Positif Konsumsi Narkoba

Written By Mang Raka on Jumat, 05 Agustus 2016 | 16.00.00

*Bupati: Korban Narkoba Akan Direhabilitasi

KARAWANG, RAKA - Kabar ada pelajar Karawang positif mengkonsumsi narkoba membuat Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana geram. Meski belum mendapat laporan resmi mengenai hal tersebut, namun bupati menandaskan akan memberi sanksi tegas terhadap para pelajar tersebut.

Hal itu ditandaskan bupati, Kamis (4/8), di sela-sela peresmian Gedung Sekolah Dasar (SD) Kondang Jaya 3 Kecamatan Karawang Timur. "Kami memang belum mendapat laporan  dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karawang soal tiga pelajar yang positif mengkonsumsi narkoba itu. Tapi, jika benar ada pelajar yang positif menggunakan narkoba akan sanksi dan tindakan yang  tegas," kata Cellica, Kamis (4/8).
Bahkan untuk itu, dalam waktu dekat Cellica akan melakukan diskusi terlebih dahulu dengan pihak BNNK Karawang sebelum memberikan sanksi tegas terhadap ketiga pelajar yang dilaporkan positif mengkonsumsi narkotika dan obat terlarang (narkoba) itu. "Nanti kami akan minta datanya terlebih dahulu, sekolah mana saja yang muridnya positif menyalahgunakan narkoba. Kepala sekolah siswa yang bersangkutan juga akan kami panggil," tegas Cellica.
Pelajar yang positif menggunakan narkoba, selain mendapat sanksi tegas, juga  akan diwajibkan mengikuti program rehabilitasi. "Kami tidak memproses penyalahgunaan narkoba itu ke ranah pidana melainkan diwajibkan untuk ikut program rehabilitasi. Masalah ini nantinya  akan menjadi perhatian khusus pemerintah daerah terutama pihak sekolah dan BNNK Karawang," ungkapnya.
Selama pelajar tersebut masuk dalam tahap proses rehabilitasi, pelajar tersebut harus cuti sekolah. Sebab, proses rehabilitasi harus tuntas dan dipastikan pelajar tersebut harus sembuh seperti semula. Karena khusus untuk anak yang dibawah umur khususnya kalangan pelajar tindakan tegasnya adalah dilakukan rehabitasi," tambahnya menjelaskan.
Sebelumnya, Kepala BNNK Karawang AKBP M. Julian mengatakan, pihaknya telah melakukan tes urin terhadap ribuan pelajar untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, bekerjasama dengan Disdikpora Karawang. Hasilnya, ada tiga pelajar positif menggunakan narkoba saat tes urin tersebut. "Mereka  yang positif menggunakan narkoba  langsung kami proses untuk mengikuti program rehabilitasi," katanya.
Sedangkan data yang diterima selama bulan Januari hingga Juli 2016, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karawang, melalui RS Islam Karawang, mencatat sebanyak puluhan penyalahguna narkoba yang telah menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Islam (RSI) Karawang. Dari jumlah tersebut, 90 persen berkisar umur pada usia hingga 20 hingga 25 tahun sedangkan untuk di usia produktif masih dalam kategori aman.
"Untuk kasus penyalahgunaan narkoba yang kami tangani dan tengah melakukan rehabilitasi di RS Islam, terdapat ada sekitar 13 orang, 7 diantaranya merupakan limpahan dari Polres Karawang. Untuk usianya rata-rata penyalahguna narkoba yang tercatat dan menjalani rehabiitasi dari bulan Januari hingga Juli 2016 saat ini, yang di bawah umur atau usia produktif ada 3 orang. Mulai dari usia 15 sampai 16 tahun," kata Kepala Bidang Pelayanan Rumah Sakit Islam Karawang, dr Alviando. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template